BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengingat 3 Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

11-08-2020 13:23 | Asad Arifin

Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Kedatangan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia telah memberi harapan baru. Tiga laga tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pun menjadi momen yang sangat dinantikan fans Skuad Garuda.

Secara matematis, Timnas Indonesia memang sudah tak punya peluang ke Piala Dunia 2022. Tim Garuda saat ini menghuni peringkat kelima atau juru kunci dengan raihan nol poin.

Situasi itu terjadi setelah Timnas Indonesia menelan lima kekalahan beruntun di Grup G. Timnas Indonesia kebobolan 16 kali dan hanya mampu mencetak tiga gol.

Meski demikian, situasi itu tak lantas membuat Timnas Indonesia menyerah. PSSI meminta Shin Tae-yong bisa memberikan hasil terbaik untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

Tujuan yang cukup realistis memang untuk saat ini. Persiapan kemudian mulai dilakukan dengan menggelar pemusatan latihan di Jakarta yang akan berlangsung sampai pertengahan Agustus 2020.

Timnas Indonesia juga rencananya akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan. Maka bisa dipastikan tiga laga nanti menjadi panggung pertaruhan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong.

Lantas, siapa saja dan bagaimana persiapan calon lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022? Berikut ini tiga tim yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia.

1 dari 3 halaman

Timnas Thailand

Pemain Thailand merayakan gol yang dicetak oleh Supachok Sarachat ke gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (c) B Pemain Thailand merayakan gol yang dicetak oleh Supachok Sarachat ke gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (c) B

Thailand akan menjadi lawan pertama yang dihadapi Timnas Indonesia pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rencananya, Tim Merah Putih akan menantang Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada 8 Oktober 2020.

Pada pertemuan pertama di Jakarta, Timnas Indonesia dibuat menyerah 0-3. Ketika itu, Thailand meraih kemenangan berkat gol Supachok Sarachat dan Theerathon Bunmathan.

Thailand diprediksi bakal melakukan segalanya untuk bisa meraih kemenangan melawan Timnas Indonesia. Pasukan Gajah Perang saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan jumlah delapan poin.

Namun, Thailand sampai saat ini belum melakukan persiapan apapun. Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) masih menunggu kepulangan pelatih Akira Nishino dari Jepang.

Sang pelatih diprediksi bisa kembali ke Thailand pada pertengahan Agustus 2020. Setelah itu, pelatih berusia 65 tahun harus menjalani masa karantina mandiri terlebih dahulu.

"Dia harus mengikuti masa karantina selama 14 hari dan bisa memulai mempersiapkan pasukannya untuk Kualifikasi Piala Dunia pada akhir Agustus," tegas Sekretaris Jenderal FAT, Patit Supaphong.

2 dari 3 halaman

Timnas Uni Emirat Arab

Timnas Uni Emirate Arab U-23 (c) AFP Timnas Uni Emirate Arab U-23 (c) AFP

Setelah menghadapi Thailand, Timnas Indonesia bakal menjamu Uni Emirat Arab (UEA) pada laga kandang. Laga itu rencananya bakal berlangsung pada 13 Oktober 2020.

Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Al Maktoum Stadium, Dubai, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan telak 0-5. Ketika itu, UEA mencetak gol melalui Khalil Ibrahim, Ali Mabkhout, dan Tareq Ahmed.

UEA saat ini masih berpeluang melaju ke babak selanjutnya. Mereka menghuni peringkat keempat klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan enam poin.

Sebelum menghadapi Timnas Indonesia, UEA terlebih dulu akan mengalihkan fokus ke laga melawan Malaysia. Ini menjadi kesempatan buat UEA dalam memperbaiki peringkat klasemen.

Gaya permainan UEA saat ini diprediksi akan berbeda karena bermain di bawah asuhan Jorge Luis Pinto. Juru taktik asal Kolombia itu menjadi pelatih ketiga UEA sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, UEA sudah menggunakan jasa Bert van Marwijk (Belanda) dan Ivan Jovanovic (Serbia).

UEA sudah melakukan persiapan untuk laga-laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pemusatan latihan perdana berlangsung pada 22-27 Juli dan saat ini sedang menggelar tahap kedua sampai 23 Agustus mendatang.

3 dari 3 halaman

Timnas Vietnam

Nguyen Cong Phuong, Vietnam (c) dok. AFF Nguyen Cong Phuong, Vietnam (c) dok. AFF

Pada laga terakhir, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada pertemuan perdana di Bali, Tim Garuda menyerah 1-3 dari Vietnam.

Gol kemenangan Vietnam dicetak Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Tien Linh. Vietnam menjadi tim paling tangguh sejauh ini di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Vietnam menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan 11 poin dan satu-satunya yang belum kalah. Sebelum melawan Timnas Indonesia, Vietnam lebih dulu akan menjajal kekuatan Malaysia.

Laga ini menjadi momentum untuk memperlebar jarak dengan Malaysia yang membayangi di posisi kedua. Sebelum itu, Vietnam lebih dulu akan mengasah kemampuan pada laga uji coba yang akan digelar melawan Irak atau Kirgistan.

Pelatih Park Hang-seo sadar perjuangan timnya tak akan mudah untuk melaju ke babak selanjutnya. Sehingga laga uji coba layak digelar untuk mengukur kesiapan tim.

Setelah melawan Malaysia dan Timnas Indonesia, Vietnam akan menutup Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan laga melawan Uni Emirat Arab. Besar kemungkinan, Vietnam bakal melakukan segalanya untuk bisa menyapu bersih tiga laga tersisa.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo, 11 Agustus 2020)

KOMENTAR