BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Membedah Ketajaman 5 Penyerang Timnas U-23 Pilihan Shin Tae-yong, Pilih Ronaldo atau Bagus?

15-10-2021 11:15 | Asad Arifin

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memboyong 29 pemain ke Tajikistan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Dari nama-nama yang dipanggil, terdapat lima pemain yang berposisi penyerang.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup G bersama Australia. Situasi itu terjadi setelah Brunei Darussalam dan China memilih mengundurkan diri karena beberapa alasan.

Fakta itu menyeret Timnas U-23 menghadapi kenyataan yang sulit. Beckham Putra dkk. harus menghadapi Australia yang kabarnya digelar dalam format dua pertandingan.

Produktivitas lini depan bisa jadi kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-23. Pelatih Shin Tae-yong tercatat memanggil lima penyerang yang bisa diandalkan di lini serang. Siapa saja?

1 dari 5 halaman

Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim merupakan penyerang muda milik Borneo FC yang jadi wajah baru di Timnas Indonesia U-23. Rabbani Tasnim belum pernah membela tim nasional kelompok umur.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 jadi kesempatannya untuk unjuk gigi. Rabbani Tasnim adalah penyerang tengah dengan kemampuan apik dalam berduel di lini depan.

Postur tubuh tinggi 180 cm jadi keunggulannya dalam berduel bola udara. Selain itu, pemain berusia 18 tahun itu juga punya tembakan yang akurat.

2 dari 5 halaman

Hanis Saghara

Hanis Saghara Putra (c) Asean Football
Hanis Saghara Putra (c) Asean Football

Hanis Saghara merupakan nama yang sudah tidak asing di Timnas Indonesia. Hanis Saghara pernah membela Timnas U-19 pada 2017-2019.

Ketika itu, Hanis Saghara sukses mencetak enam gol dalam 18 pertandingan. Hanis Saghara merupakan tipikal penyerang murni.

Tembakan keras dan keahlian membaca ruang kosong jadi andalannya di lini depan. Musim ini, Hanis Saghara mendapatkan kepercayaan menghuni lini depan Persikabo 1973 dan telah mencetak satu gol dalam tiga laga di BRI Liga 1 2021/2022.

3 dari 5 halaman

Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Ronaldo Kwateh merupakan wajah baru di skuad Timnas Indonesia U-23. Sebenarnya, Ronaldo Kwateh bermain di posisi sayap kanan.

Namun, penampilan agresifnya di lini depan membuat Ronaldo Kwateh bisa diandalkan dalam mencetak gol. Ronaldo Kwateh juga punya kualitas individu yang baik dan kecepatan berlari.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 menjadi panggung pembuktian dari Ronaldo Kwateh. Menarik untuk menunggu kontribusi dari pemain berusia 16 tahun tersebut.

4 dari 5 halaman

Taufik Hidayat

Pemain Persija Jakarta, Taufik Hidayat (bawah) melakukan selebrasi bersama Marco Motta usai bobol gawang Persib Bandung pada laga final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2
Pemain Persija Jakarta, Taufik Hidayat (bawah) melakukan selebrasi bersama Marco Motta usai bobol gawang Persib Bandung pada laga final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2

Taufik Hidayat merupakan wajah baru di Timnas Indonesia U-23. Sejauh ini, Taufik Hidayat belum pernah bermain di level tim nasional manapun.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil Taufik Hidayat ke skuad U-23 berkat penampilan apiknya di Persija Jakarta. Taufik Hidayat merupakan penyerang yang pandai membaca arah bola dan mencari ruang.

Meskipun sejauh ini Taufik Hidayat belum mencatatkan gol apapun di BRI Liga 1 2021/2022. Namun, pemain 21 tahun itu diramalkan bakal menjadi andalan masa depan Timnas Indonsia dan Persija Jakarta.

5 dari 5 halaman

Bagus Kahfi

Bagus Kahfi (c) Doc. FC Utrecht
Bagus Kahfi (c) Doc. FC Utrecht

Bagus Kahfi merupakan penyerang yang tak perlu diragukan lagi. Bagus Kahfi sudah membela Timnas Indonesia sejak di level U-16 dan U-19.

Pemain Jong Utrecht itu memiliki spesialisasi dalam melepaskan tembakan akurat. Bagus Kahfi juga andal dalam melakukan tusukan ke lini pertahanan lawan.

Ini menjadi kesempatan pertama buat Bagus Kahfi tampil di skuad Timnas Indonesia U-23. Menarik untuk menantikan kontibusi dari pemain yang identik dengan rambut kribo itu.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo, 14 Oktober 2021

KOMENTAR