BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Rencana Beto Goncalves jika Gantung Sepatu

07-12-2020 18:02 | Serafin Unus Pasi

Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Beto Goncalves angkat bicara soal rencananya setelah gantung sepatu. Penyerang Timnas Indonesia ini mengaku tak akan meninggalkan dunia sepak bola kendati nantinya tak lagi aktif sebagai pesepak bola.

Menurut Beto, sudah hampir seperempat abad ia bergelut di lapangan hijau. Karenanya, menurut pemain kelahiran Brasil tersebut, ia tak bisa berpikir karier lain selain di dunia sepak bola.

"Ini hidup saya. Kalau setelah menjadi pemain, mungkin saya ingin menjadi pelatih atau analis. Yang paling penting bagi saya adalah tetap di sepak bola," tutur Beto.

Namun, Beto menyebut bahwa ia masih belum akan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola dalam waktu dekat ini. Menurut pria berusia 39 tahun tersebut, kemungkinan ia baru akan gantung sepatu pada dua atau tiga tahun mendatang.

"Saya masih ingin bermain bola dua sampai tiga tahun lagi. Setelahnya, saya lebih matang untuk menjadi pelatih," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Mulai Rintis Karier Kepelatihan

Kendati belum akan gantung sepatu dalam waktu dekat ini, Beto sudah merintis karier kepelatihannya. Pemain Madura United tersebut sudah mulai mengikuti kursus kepelatihan. Beberapa waktu lalu, ia sudah menuntaskan kursus Lisensi C.

Beto juga mulai terjun ke dunia kepelatihan. Ia menjadi pelatih tamu dalam acara Jacksen F Tiago Training Camp yang diadakan di kompleks Kusuma Agro Wisata Kota Batu, 6-12 Desember 2020. Dalam gelaran ini, Beto memberi materi pada sesi latihan pertama.

"Ia memberi materi ball possession," kata Jacksen.

2 dari 2 halaman

Senang Terjun Langsung Melatih

Sementara itu, Beto mengaku senang mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para peserta training camp. Menurutnya, ini merupakan pengalaman pertamanya melatih.

"Dulu sering ikut dalam acara-acara sosial. Waktu itu, saya lebih sebagai motivator. Namun, setelah mengikuti kursus kepelatihan, ini merupakan pengalaman pertama saya," papar Beto.

"Saya bisa dapat pengalaman dari hal ini. Ini adalah pengalaman yang sangat bagus," ia menambahkan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR