Makna Logo BRI Liga 1 2021/2022: Buat Sepak Bola Indonesia Terbang Tinggi

Serafin Unus Pasi | 12 Agustus 2021, 21:30
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - BRI Liga 1 2021/2022 resmi diluncurkan, Kamis (12/8). Bila ada titel baru, berarti juga terdapat logo anyar.


Logo BRI Liga 1 terbagi menjadi dua bagian yakni kepala burung Garuda dan gambar bola. Dua bagian itu kemudian dijadikan satu sehingga membentuk rangkaian kepala burung Garuda dengan di bawahnya ada bola.

Saat acara peluncuran, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ahmad Hadian Lukita menerangkan makna di balik logo tersebut. Dalam logo BRI Liga 1, ada filosofi mengenai burung Garuda sebagai lambang Indonesia.

"Jadi tentang filosofi dibalik pembuatan logo BRI Liga 1 2021/2022 ada bentuk seperti kepala burung yaitu kepala burung Garuda. Garuda merupakan lambang persatuan Republik Indonesia. Secara umum, bisa diartikan sebagai simbol kekuatan, keberanian, semangat pantang menyerah, dan ketahanan nasional," ujar Lukita.

"Bentuk bola, ya memang lambang yang mewujudkan sebagai cabang yang sedang kita geluti sekarang ini (sepak bola). Bentuk bola yang identik dengan lingkaran yang mengartikan persatuan."

"Urgensi dari keduanya mampu memfilosofikan Garuda sebagai simbol kekuatan, keberanian, semangat pantang menyerah, dan ketahanan akan selalu menjaga dan membuat sepak bola Indonesia bisa terbang tinggi dengan prestasi tentunya. Dengan demikian mampu meraih cita-cita terbaik yang bisa menjadi kebanggan bersama bangsa Indonesia," tambahnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Lima Nilai Logo BRI Liga 1

Selain makna dan filosofi dari logo BRI Liga 1, juga ada lima nilai yang terkandung dalam identitas baru ini. Apa saja? Berikut uraiannya:

Lima nilai dalam logo BRI Liga 1 musim ini adalah ancient soccer ball, fairplay, discipline, unity, no racism, dan respect. Semua nilai itu memiliki arti yang saling mengikat.

Artinya, BRI Liga 1 sebagai kompetisi yang diikuti tim terbaik di Tanah Air menjadi harapan lahirnya talenta-talenta unggul untuk Timnas Indonesia. Apalagi, sudah lebih dari satu tahun tidak ada kompetisi yang diselenggarakan karena pandemi COVID-19.

BRI Liga 1 juga dianggap sebagai kompetisi yang memiliki value tinggi dalam aspek teknis dan industri. Dua hal itu merupakan tujuan utama dari diputarnya suatu kompetisi.

2 dari 2 halaman

Tipe Font Liga 1

LIB selaku operator BRI Liga 1 dalam memilih font huruf untuk logo juga tak sembarangan. Setidaknya, ada tiga kesan yang ingin ditampilkan.

Pertama, kesan modern untuk jenis huruf Liga 1. Itu diperlukan karena sekarang adalah era sepak bola modern.

Kedua, kesan tegas dalam tulisan Liga 1. Itu sebagai cerminan kompetisi yang kuat.

Ketiga, kesan kepercayaan. BRI Liga 1 diharapkan bisa menjadi ajang persaingan yang sehat dan penuh fair play.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR