BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Liga Ayo Jakarta: Liga Amatir Pertama di Indonesia yang Punya 3 Level Divisi
12-07-2019 15:49

Liga Ayo Jakarta 2019 tahun ini semakin seru. (c) Bolanet/LigaAyo Liga Ayo Jakarta 2019 tahun ini semakin seru. (c) Bolanet/LigaAyo

Bola.net - Liga Ayo Jakarta musim 2019 telah digulirkan pekan lalu (6/7) dan seluruh laga pertandingan mulai dari Divisi 1, Divisi 2 hingga Divisi 3 juga dilaksanakan secara serentak di lokasi yang berbeda-beda.

Salah satu laga yang cukup menyita perhatian pada Match Week (MW) 1 pekan lalu adalah pertandingan antara Kalibata FC, sang juara bertahan Liga Ayo Jakarta Divisi 1 musim lalu, melawan tim Kesebelasan FC yang merupakan tim promosi dari Liga Ayo Jakarta Divisi 2.

Hasil imbang 2-2 pada pertandingan perdana tersebut sebenarnya cukup mengejutkan, karena Kalibata FC merupakan tim unggulan yang berhasil menyabet gelar juara Liga Ayo Jakarta pada musim lalu. Hasil tersebut membuat Kalibata FC hanya bisa pasrah karena hanya mendapatkan 1 poin saja, dan harus rela kini bertengger do posisi keempat klasemen sementara Liga Ayo Jakarta Divisi 1.

Selebrasi pemain di Liga Ayo Jakarta 2019. (c) Bola.net/LigaAyoSelebrasi pemain di Liga Ayo Jakarta 2019. (c) Bola.net/LigaAyo

Pada musim 2019 ini, Liga Ayo Jakarta telah memasuki musim keempatnya. Jika dibandingkan dari sisi jumlah peserta yang ikut serta sejak pertama kali digulirkan pada tahun 2016 lalu, maka pada tahun ini Liga Ayo Jakarta telah sukses menarik beberapa klub baru seputaran Jakarta yang berminat terhadap keberadaan liga amatir ini. Tidak tanggung-tanggung, jumlah peserta pada musim ini naik hingga 4 kali lipat. Banyaknya peminat Liga Ayo Jakarta pada musim 2019 ini, menunjukkan bahwa sepak bola amatir terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Salah satu aksi yang tersaji di Liga Ayo 2019. (c) bolanet/Liga AyoSalah satu aksi yang tersaji di Liga Ayo 2019. (c) bolanet/Liga Ayo

Saat ini, Liga Ayo Jakarta merupakan satu-satunya liga amatir yang memiliki laga pertandingan hingga 3 level divisi layaknya liga profesional di Indonesia. Pada musim 2019 ini, partisipasi klub yang terdaftar pada Liga Ayo Jakarta mencapai 48 tim, dengan pembagian 3 divisi, sebagai berikut:

20 klub peserta yang masuk dalam jajaran Liga Ayo Divisi 1, antara lain: Cerberus FC, Garuda Mas FC, Jugador FC, Makuta Jaya FC, North Blue FC, Royal City FC, Panglima FC, FDSI FC, Mitra DS, BPN FC, Public Health FC, Tridente FC, Hardwork FC, Kalibata FC, Kayden FC, Petarung FC, PHPFC, Red Army FC, Legend FC, dan Kesebelasan FC.

20 klub peserta yang masuk dalam jajaran Liga Ayo Divisi 2, antara lain: Baja FC, RMB Jr. FC, Lapebe FC, Yamos Matraman, Seafarer FC, C-UKI, Poltangan Raya FC, Bintang Putra FC, Red Star FC, Ceria Timur FC, Flexible FC, North Patriot Flame, Murtado FC, New Village FC, Bridge Army Junior, Iklas FC, Cheza FC, Pasma FC, Kebsay FC, dan Bhakti FC.

Sementara itu 8 klub peserta yang masuk dalam jajaran Liga Ayo Divisi 3, antara lain: Niffler FC, Seller FC, Slengky Cobra, Hottel Soccer FC, UCAM Indonesia, Borobudur Muda FC, Savy FC, dan Pubball de’ Nusantara.

Salah satu aksi duel udara di pertandingan Liga Ayo 2019. (c) bolanet/ligaayoSalah satu aksi duel udara di pertandingan Liga Ayo 2019. (c) bolanet/ligaayo

Sistem ranking yang dilakukan oleh Liga Ayo Jakarta juga hampir sama dengan sistem yang diterapkan liga pada umumnya. Namun secara spesifik pada Liga Ayo, 4 klub dengan ranking teratas akan promosi naik ke divisi di atasnya, sementara 4 klub dengan ranking paling bawah akan ter-degradasi dan turun ke divisi di bawahnya. Sementara itu untuk lama serta jangka waktu setiap musim kompetisi Liga Ayo Jakarta, kurang lebih akan memakan waktu sekitar 3-4 bulan.

Keberadaan Ayo Indonesia yang menjadi operator beberapa Liga Ayo di berbagai daerah sekaligus saat ini, ternyata cukup membawa perubahan besar dalam industri sepak bola di tanah air, terutama pada klub-klub amatir.

Ayo daftarkan tim sepakbola / futsal kalian di ayo.co.id dan kembangkan komunitas sepakbola di Indonesia.

Kalau Improvindo Pensiun Jadi Komika
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi

KOMENTAR