BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liga AYO 2019 Berharap Lahirkan Pesepak Bola Profesional

24-11-2019 21:21 | Ari Prayoga

Samuel Hadeli (c) Fitri Apriani Samuel Hadeli (c) Fitri Apriani

Bola.net - CO-Founder Ayo Indonesia, Samuel Hadeli berharap Liga AYO 2019 Jakarta dapat melahirkan pesepak bola profesional di masa depan. Saat ini, kompetisi amatir itu masih menjadi wadah bagi para pekerja untuk menyalurkan hobinya di bidang sepak bola.

“Mudah-mudahan suatu hari nanti kami bisa menciptakan pemain yang bisa maju ke level yang lebih tinggi,” ujar Samuel di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, Minggu (24/11).

Saat ini, Liga AYO Jakarta 2019 melangsungkan babak grand final. Partai puncak yang dihelat meliputi tiga divisi, kasta pertama, kedua, dan ketiga.

Tiga pertandingan beda kasta Liga AYO 2019 berlangsung di Pancoran Soccer Field, Minggu (14/11). Samuel berencana untuk membuat kompetisi yang berdiri pada 2015 ini lebih meriah.

“Kelak kami harus mengubah fokus dari saat ini. Kami kan bermain untuk kalangan pekerja rentang umur 20-32 tahun. Tapi ke depannya, kami ada rencana untuk menggelar usia yang lebih muda agar kami bisa melihat bibit-bibit dari Liga AYO untuk untuk memfasilitasi mereka berkompetisi,” tutur Samuel.

“Sehingga, mereka bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak dan siapa tahu bisa dilihat oleh klub profesional di Indonesia,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Menganut Sistem Promosi dan Degradasi

Samuel menambahkan, Liga AYO 2019 menganut sistem promosi degradasi sejak musim ini. Total, peserta Liga AYO Jakarta 2019 mencapai 48 tim.

20 di antaranya ada di Divisi 1. Lalu, 20 tim bertarung di Divisi 2 Liga AYO Jakarta 2019 dan delapan peserta di Divisi 3 Liga AYO Jakarta 2019.

“Seperti liga-liga profesional lainnya, dan seperti Liga 1, Liga 2 atau premier Premier League di Inggris. Jadi, sistem promosi dan degradasi sesuatu yang ingin kami bentuk sepanjang perjalanan Liga AYO selama empat tahun ini,” tutur Samuel.

“Mulai tahun ini sudah berjalan promosi dan degradasi. Untuk partai final Liga AYO 1 Jakarta 2019 ini, satu pesertanya ialah tim yang promosi dari Liga AYO musim sebelumnya,” imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR