BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Liga 3 Segera Diputar, Ada 8 Klub Bakal Promosi ke Liga 2

08-09-2021 11:07 | Asad Arifin

Liga 3 Nasional (c) ist
Liga 3 Nasional (c) ist

Bola.net - Perjuangan klub amatir Liga 3 untuk promosi ke kompetisi profesional segera dimulai. PSSI memutuskan segera menggulirkan kompetisi kasta ketiga di Tanah Air itu.

Keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 7 September 2021. Banyak poin yang dibahas, satu di antaranya adalah segera memutar Liga 3.

Soal tantangan besar mendapatkan perizinan pelaksanaan kompetisi di tengah pandemi COVID-19, PSSI berjanji kerja keras untuk mendapatkannya. Semua demi bisa berputarnya lagi roda kompetisi.

"Proses perizinan memang tidak mudah, tapi PSSI terus mengupayakan tetap bisa didapat," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, disadur dari laman PSSI.

"Untuk Liga 3 kami berharap segera bergulir," katanya menambahkan.

Tentang kapan kompetisi kasta terbawah ini dimulai, Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan belum memunculkan tanggal. Namun yang pasti, setelah Liga 2 bergulir.

1 dari 2 halaman

Kuota Tim Promosi

Rapat Exco PSSI juga turut menetapkan jumlah tim yang berhak promosi ke Liga 2 musim depan. Artinya, Liga 3 musim ini tetap ada promosi, jadi bukan sekadar memutar kompetisi.

"Exco PSSI memutuskan ada 8 klub dari Liga 3 2021 yang akan lolos ke Liga 2 musim mendatang," tutur Iwan Bule.

Dengan adanya kuota tim promosi ini, semua tim yang berpartisipasi di Liga 3 bakal termotivasi. Artinya, mereka tidak hanya mengangankan impian promosi, tetapi bisa mendapatkannya.

2 dari 2 halaman

Format Kompetisi Liga 3

Mengenai format pelaksanaan Liga 3, babak regional ditiadakan karena masih pandemi COVID-19. Babak regional biasanya digelar untuk merampingkan jumlah tim yang lolos ke putaran nasional.

Jadi untuk mekanisme musim ini, setiap tim yang juara provinsi, langsung lolos ke putaran nasional. Ada 64 tim yang akan bermain di putaran nasional.

"Kami akan segera melaksanakan program workshop dengan sekretaris asprov dan direktur kompetisi setiap asprov untuk membahas hal-hal teknis terkait program kompetisi, pengembangan, dan lain-lainnya," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR