BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Liga 1 Dapat Jatah 3 Klub di Kompetisi Asia Tahun Depan, Tapi...

24-10-2018 17:18 | Serafin Unus Pasi

Tigor Shalomboboy (c) Fitri Apriani Tigor Shalomboboy (c) Fitri Apriani

Bola.net - Liga 1 mendapat jatah tiga klub di kompetisi Asia pada tahun depan. Rinciannya, satu klub masuk Kualifikasi Liga Champions Asia, satu lainnya otomatis di babak penyisihan grup AFC Cup, dan sisanya merangkak dari Kualifikasi AFC Cup.

Meski begitu, wakil Indonesia di kompetisi Asia tahun depan akan berkurang apabila klub yang berhak bertanding di Kualifikasi Liga Champions Asia gagal menembus babak penyisihan. Klub tersebut akan turun kasta ke fase grup AFC Cup.

Dengan begitu, slot untuk klub di Kualifikasi AFC Cup langsung gugur. Pasalnya, AFC membatasi maksimal dua klub dalam setiap negara yang bertanding di bawah kompetisi AFC

"AFC menilai setiap dua tahun. Untuk musim depan dan selanjutnya, tiga slot pasti," ujar Kepala Departemen Klub Lisensi PSSI, Tigorshalom Boboy.

Jatah untuk Indonesia di kancah Asia adalah 1+1+1. Jumlah tersebut bakal utuh dengan syarat, satu klub Indonesia berhasil melewati babak kualifikasi untuk melaju ke penyisihan grup Liga Champions Asia.

"Kalau memang gagal di Liga Champion Asia, maka hanya dua dimasukkan di Piala AFC. Karena ada maksimal setiap negara mengirim wakil di kompetisi AFC," kata Tigor.

"Secara sistem tidak berbeda, tapi dari slotnya. Tahun lalu 1+2 dan wakil Indonesia tak perlu ikut play-off Piala AFC. Karena alami penurunan maka berubah. Slot berubah setiap dua tahun. Tahun ini dan tahun depan, slotnya pasti sama," imbuhnya.

KOMENTAR

Bermain Seri, Arsenal Jadi Juara Grup Liga Europa