Liga 1 2021/2022 Digelar Secara Fleksibel, Begini Penjelasannya

Serafin Unus Pasi | 6 Agustus 2021, 20:04
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyebut Liga 1 2021/2022 akan berlangsung secara fleksibel. Hal itu diungkapkannya usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan kompetisi bersama PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Mabes Polri, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (6/8).


Menpora menjelaskan, dalam rakor tersebut LIB selaku operator kompetisi memaparkan secara lengkap bagaimana menggulirkan Liga 1 musim ini dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Bahkan menurutnya, aturan terkait prokes itu bakal lebih ketat ketimbang yang diterapkan di Piala Menpora 2021.

Misalnya, Liga 1 yang tadinya akan dipusatkan di Pulau Jawa bisa berubah sewaktu-waktu karena menyesuaikan risiko penularan COVID-19 di daerah yang sebelumnya bakal menjadi tuan rumah. Intinya, Menpora menyebut Liga 1 musim ini bakal digelar fleksibel.

"Saya kira saya sangat memahami itu karena saat ini masih dalam suasana extraordinary. Kita harus kreatif, harus mencari terobosan," ujar Menpora, saat sesi jumpa pers virtual.

"Yang penting kita semua harus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam menangani COVID-19 ini," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Liga 1 Silakan Jalan

Berkat pemaparan yang cukup lengkap dari LIB, Menpora mengklaim tidak ada pihak yang mempermasalahkan Liga 1 musim ini bergulir. Politikus Partai Golkar ini mengatakan, PSSI tinggal membahas teknis perizinan bersama Mabes Polri.

"Tadi dalam rapat tidak ada satupun yang keberatan. Silakan jalan. Tinggal teknis lebih didetailkan lagi. Kalau itu kan sudah urusannya penyelenggara dengan pihak Mabes Polri," imbuh menteri asal Gorontalo ini.

Adapun, Liga 1 2021/2022 dijadwalkan kick off pada 20 Agustus mendatang. Satu pekan sebelum dimulai, LIB akan kembali menggelar Managers Meeting bersama 18 klub peserta sekaligus melaunching secara resmi kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air tersebut.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR