Legenda Sepak Bola Indonesia Sebut Bepe Sebagai 'Real Legend'

Gia Yuda Pradana | 9 Juni 2020, 12:35
Legenda Sepak Bola Indonesia Sebut Bepe Sebagai 'Real Legend'
Bambang Pamungkas (c) AP Photo

Bola.net - Sebuah pujian dilontarkan Kurniawan Dwi Yulianto terhadap sosok Bambang Pamungkas. Legenda sepak bola Indonesia ini menilai bahwa Bepe -sapaan karib Bambang Pamungkas- merupakan legenda sejati.

"Bepe itu real legend buat saya," ujar Kurniawan, pada sebuah acara unjuk wicara yang diadakan Garuda Nusantara, beberapa waktu lalu.

"Ia merupakan sosok pesepak bola yang luar biasa," sambungnya.

Kurniawan mengaku sangat respek pada sosok Bepe. Pemain yang menjadi ikon Persija Jakarta ini, dinilainya, merupakan sosok profesional sejati.

"Kalau saya boleh katakan, saya ini bukan legend. Sosok legend itu adalah Bambang Pamungkas," ungkap Kurus, sapaan karib Kurniawan.

"Ia adalah sosok profesional sejati," ia menambahkan.

Kurniawan dan Bepe sendiri meruapakan sosok yang sangat akrab. Bepe merupakan adik angkatan Kurniawan di Diklat Salatiga. Bahkan, dalam pengakuannya, Bepe menyebut banyak terinspirasi oleh sosok Kurniawan.

Di Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas pun merupakan penerus era Kurniawan. Mereka sempat berduet di Skuad Merah-Putih pada 2000-an lalu. Namun, kesempatan ini tak kerap terjadi.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Bepe Harus Berterima Kasih

Bambang Pamungkas (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bambang Pamungkas (c) Bola.net/Fitri Apriani

Lebih lanjut, dengan nada bercanda, Kurniawan menyebut bahwa Bambang Pamungkas harus berterima kasih kepadanya. Pasalnya, sambung pelatih Sabah FA tersebut, ia merupakan salah satu orang yang membuat Bambang bisa menjadi seperti saat ini.

Bambang sendiri sebelumnya terang-terangan mengaku terinspirasi dan mengidolakan sosok Kurniawan. Salah satu momen yang selalu dikenang Bepe adalah ketika ia melihat tulisan Kurniawan Was Here di sebuah kasur susun di asrama Diklat Salatiga. Tulisan itulah yang memicu motivasi Bepe untuk meneladan jejak Kurniawan, yang saat itu sudah merumput di Eropa.

"Ia harus berterima kasih kepada saya. Ia mengidolakan saya. Kalau nggak ada saya, ia nggak bisa jadi pemain besar seperti saat ini," ujarnya sembari tertawa lepas.

2 dari 2 halaman

Doakan Bepe Jadi Pengurus Federasi

Kurniawan Dwi Yulianto (c) Bola.com/Aditya Wany

Kurniawan Dwi Yulianto (c) Bola.com/Aditya Wany

Sementara itu, Kurniawan juga memiliki harapan khusus kepada Bambang Pamungkas. Ia berharap, Bepe -yang saat ini menjadi manajer Persija Jakarta- bisa meneruskan baktinya di sepak bola Indonesia dengan masuk ke kepengurusan PSSI.

"Kita berharap, Bambang -kalau nggak jadi pelatih, bisa jadi orang nomor satu, dua, tiga, atau empat di federasi," tutur Kurniawan.

Menurut Kurniawan, kendati hampir tidak pernah satu tim, ia kerap berkomunikasi dengan Bepe. Mereka berdua tergabung di grup alumni Diklat Salatiga.

"Di grup ini, kita saling support," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR