BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kurniawan Kartika Ajie Masih Perlu Enam Bulan untuk Kembali Merumput

11-03-2021 22:24 | Yaumil Azis

Kartika Ajie ketika Arema melawan Persita dalam laga Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (13/3/2019). (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Kartika Ajie ketika Arema melawan Persita dalam laga Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (13/3/2019). (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Arema FC masih harus bersabar lagi untuk bisa mempergunakan jasa kiper mereka, Kurniawan Kartika Ajie. Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 tersebut kemungkinan baru akan bisa kembali merumput enam bulan lagi.

"Untuk Ajie masih perlu sekitar enam bulan lagi untuk bisa gabung normal," ucap Dokter tim Arema FC, dr. Nanang Tri Wahyudi Sp.KO.

"Ini masih bulan kelima atau enam. Sementara, program pemulihannya masih perlu waktu sekitar 12 bulan," sambungnya.

Lebih lanjut, Nanang menyebut bahwa lamanya proses pemulihan Ajie ini juga tak lepas dari statusnya sebagai penjaga gawang. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada tersebut, proses pemulihan penjaga gawang lebih lama ketimbang pemain lapangan.

"Hal ini karena kiper banyak gerakan eksplosif dan gerakan yang tak terduga. Jadi, gerakan kiper memang lebih kompleks," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Sisakan Program Rehabilitasi

Sementara itu, Nanang menyebut bahwa saat ini kondisi cedera Ajie sendiri sudah pulih sepenuhnya. Yang tersisa saat ini tinggal program rehabilitasi yang harus dijalani kiper 24 tahun tersebut.

"Dari timelinenya, pada bulan keenam, kita akan coba latihan di lapangan dan melakukan gerakan-gerakan kiper," tutur Nanang.

"Untuk bisa perform normal paling cepat sembilan bulan. Nah, dugaan kami, total bisa mencapai 12 bulan," ia menandaskan.

Ajie sendiri disebut bakal segera mulai sesi latihan di lapangan. Fisioterapis Arema FC, Reta Arroyan, menyebut bahwa jika tak ada aral melintang, Ajie akan mulai berlatih di lapangan pada Jumat (12/03) besok.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR