Kunjungi Stadion Kanjuruhan, Presiden Jokowi Soroti Dua Hal Ini

Asad Arifin | 5 Oktober 2022, 16:27
Presiden Jokowi (c) Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi (c) Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres

Bola.net - Presiden Joko Widodo menyoroti kondisi Stadion Kanjuruhan, yang menjadi lokasi Tragedi Kanjuruhan, akhir pekan lalu. Menurutnya, ada sejumlah hal di Stadion Kanjuruhan yang harus menjadi perhatian.

Jokowi sendiri meninjau langsung kondisi Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Rabu (05/10) sore. Dalam kesempatan itu, ia sempat melihat langsung sejumlah lokasi di stadion, yang menjadi titik pusat dalam tragedi di sepak bola Indonesia ini.

Ketika melihat langsung tribune selatan dan jalan akses keluar-masuk dari lokasi itu, Jokowi berkomentar soal kondisi yang tak ideal di sana. Ia berkomentar soal curamnya tribune tersebut. Selain itu, ia juga berkomentar soal sempitnya jalan akses keluar masuk ke tribune.

"Sebagai gambaran, saya melihat masalahnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam ditambah kepanikan yang ada," kata Jokowi pada laga tersebut.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Santunan kepada keluarga korban

Sebelum mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Jokowi terlebih dulu mengunjungi Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang. Di sana, ia bertemu dengan keluarga korban Tragedi Kanjuruhan. Ia pun memberikan santunan kepada keluarga korban.

Tragedi Kanjuruhan sendiri terjadi akibat tembakan gas air mata aparat kepolisian ke arah tribune Stadion Kanjuruhan, pada laga antara Arema FC dan Persebaya, akhir pekan lalu. Tembakan ini dilepaskan menyusul adanya pitch invasion yang dilakukan sejumlah suporter Arema usai laga tersebut.

Akibat tembakan ini, timbul kepanikan suporter di tribune. Mereka berebutan turun. Namun, karena akses yang tak ideal, banyak di antara mereka yang terjatuh dan terinjak-injak.

Walhasil, kejadian ini menyebabkan ratusan korban. Dari data terakhir, ada 131 korban tewas dalam insiden ini. Selain itu, ada ratusan suporter lain yang mengalami luka, baik ringan maupun berat.

2 dari 2 halaman

Masuk Rencana Pembenahan

Keadaan di dalam stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan. (c) AP Photo

Keadaan di dalam stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan. (c) AP Photo

Sementara itu, Juru Bicara PSSI pada insiden ini, Ahmad Riyadh, mengakui ada beberapa hal tak ideal yang ditemukan tim Investigasi PSSI, termasuk soal akses evakuasi dan rencana mitigasi di Stadion Kanjuruhan. Ia mengakui hal ini sudah masuk ke dalam hal yang akan diusulkan untuk dibenahi.

"Memang ada beberapa hal yang menjadi catatan termasuk soal ini. Ini akan menjadi salah satu rekomendasi kita untuk Pemkap yang akan disusun," kata Riyadh.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR