BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kronik Kim Kurniawan: Pernah Dicemooh dan Disayang Bobotoh, Kini Lawan Persib Bandung

22-10-2021 11:52 | Asad Arifin

Suporter melakukan foto bersama dengan pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, usai mengalahkan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Suporter melakukan foto bersama dengan pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, usai mengalahkan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Kim Kurniawan akan menjadi nama yang mendapat sorotan dalam duel Persib Bandung vs PSS Sleman pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Laga ini akan digelar di Stadion Manahan Solo, Jumat (22/10/2021) malam WIB.

Pemain berdarah Jerman itu bakal menjalani laga melawan mantan klubnya, Persib Bandung. Kim pernah menjadi bagian Maung Bandung pada musim 2016-2021.

Selama lima tahun berseragam Persib, gelandang berusia 31 tahun itu sudah merasakan pahit dan manisnya dunia sepak bola. Dia pernah merasakan kritik tajam, hujatan, hingga pujian.

1 dari 3 halaman

Spanduk Protes dari Bobotoh

Kim Kurniawan Berlatih Dengan Fisioterapis Klub (c) PERSIB
Kim Kurniawan Berlatih Dengan Fisioterapis Klub (c) PERSIB

Keputusan Kim Jeffrey Kurniawan hengkang disesalkan banyak bobotoh di media sosial. Mereka menyayangkan adik ipar Irfan Bachdim tersebut berpisah dengan Persib.

Padahal, Kim Jeffrey sudah menjadi idola bobotoh karena kerja kerasnya di lapangan. Dia memutuskan pamit dari Persib karena ingin mencari tantangan baru bersama klub barunya, PSS Sleman.

Kim Jeffrey memang tidak mudah mencuri hati bobotoh. Dia lebih dulu mendapat cemoohan dan cacian dari bobotoh karena perfomanya di awal musim 2016 tidak sesuai harapan.

Bahkan, bobotoh pernah melakukan aksi demonstrasi dengan membentangkan spanduk di sesi latihan tim Persib. Bobotoh menyebut Kim Jeffrey sebagai anak emas juru taktik Persib saat itu, Dejan Antonic, karena posisinya tak tergantikan

Seiring berjalannya waktu, permainan Kim Jeffrey mulai menunjukan perkembangan. Bobotoh pun tak ragu memberikan pujian terhadap Kim Jeffrey Kurniawan di kolom komentar Instagram pribadinya.

2 dari 3 halaman

Momen yang Bikin Perasaan Kim Jeffrey Campur Aduk

Kim Jeffrey Kurniawan (c) Bola.com/Erwin Snaz
Kim Jeffrey Kurniawan (c) Bola.com/Erwin Snaz

Musim kedua bersama Persib, Kim Jeffrey selalu menjadi tumpuan tim di lini tengah. Namun, ada momen yang membuat perasaan pemain naturalisasi ini campur aduk.

Pada semifinal leg kedua Piala Presiden 2017, Persib Bandung berjumpa Borneo FC. Duel kedua tim harus ditentukan melalui adu penalti karena memperoleh skor sama.

Kim Jeffrey yang menjadi eksekutor ketiga Persib gagal menjalankan tugasnya. Sepakan pemain kelahiran 23 Maret 1990 itu melenceng ke atas mistar gawang Borneo FC.

Kegagalan tersebut membuat para pemain Persib menghapus impian melaju ke partai final. Usai pertandingan Kim Jeffrey hanya tertunduk lesu sambil berjalan keluar Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Akan tetapi, reaksi tak terduga ditunjukkan bobotoh yang memadati stadion berkapasitas 27 ribu penonton itu. Bobotoh memberikan dukungan dengan meneriakkan nama 'Kim Jeffrey, Kim Jeffrey'.

Setelah kejadian itu, perlakuan bobotoh terhadap Kim Jeffrey berubah drastis. Kim Jeffrey akhirnya menjadi idola baru bobotoh.

3 dari 3 halaman

Kesan Mendalam di Persib

Pemain PSS Sleman, Kim Kurniawan (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar
Pemain PSS Sleman, Kim Kurniawan (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Dukungan besar bobotoh terhadap Kim Jeffrey juga terjadi ketika Persib menghadapi rival terberatnya Persija Jakarta pada Liga 1 2017. Dia mengalami patah tulang fibula setelah mendapat tekel keras Rudi Widodo.

Kim Jeffrey terpaksa menepi hingga akhir musim Liga 1 2017. Kejadian tersebut membuat bobotoh memberikan dukungan dan semangat agar Kim Jeffrey kembali pulih.

Setelah lima tahun berkostum Persib, Kim Jeffrey akhirnya memutuskan hengkang pada Februari 2021. Meski tidak membawa Persib juara, Kim Jeffrey meninggalkan kesan mendalam bagi bobotoh.

"Maka dari itu saya ingin doa restu dari semuanya yang telah mendukung saya selama 5 musim di Persib Bandung, untuk memulai petualangan yang baru," ucap Kim lewat akun Instagram pribadinya saat memutuskan berpisah.

"Terutama kalian bobotoh yang saya cintai di mana pun kalian berada. Kalian lah alasan kenapa saya jatuh cinta dan akan mencintai Persib selamanya,"

"Saya tahu dan paham bahwa kita memulai dengan susah, tapi kalian mengajarkan saya bahwa Persib bukanlah hanya sebuah klub sepak bola, tapi bahwa Persib adalah segalanya," kata Kim.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Faqih/Yus Mei Sawitri, 22 Oktober 2021

KOMENTAR