BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

KPK Diminta Kawal dan Awasi Kongres PSSI

01-07-2011 18:00 |


Bola.netBola.net - Kongres PSSI yang bakal dihelat di Solo, 9 Juli mendatang ditengarai akan marak dengan praktik politik uang. Karena itulah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharap ikut mengawal dan mengawasi jalannya kongres ini.

Pernyataan ini dilansir oleh aktivis Save Our Soccer, Apung Widadi. Menurutnya, potensi terulangnya praktik politik uang dalam kongres di Solo nanti sangat besar.

“KPK harus berperan aktif dalam Kongres PSSI di Solo. Hal itu karena disinyalir pasti ada politik uang seperti kongres-kongres sebelumnya,” ujar Apung, yang juga merupakan peneliti di Indonesian Corruption Watch (ICW) tersebut, seperti dilansir Tempointeraktif.

“Potensinya pada upaya perebutan suara oleh beberapa calon ketua umum PSSI,” kata Apung. Untuk itu, agar kongres bisa berjalan demokratis dan tanpa ada suap-menyuap, KPK harus ikut mengawasinya. “Keberadaan KPK untuk mencegah money politic,” imbuhnya.

Apung menjelaskan bahwa sebagian besar para pemilik suara dalam kongres PSSI adalah pegawai negeri sipil dan para pejabat di daerah. Karena itulah, jika terlibat politik uang, mereka bisa dijerat dengan pasal gratifikasi. “Hal ini penting agar demokrasi di PSSI benar-benar nyata,” tandas Apung. 

KOMENTAR