BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kompetisi Mandek, Joko Susilo Mengampu Kursus Kepelatihan di Kota Batu

11-11-2020 19:58 | Serafin Unus Pasi

Joko Susilo menjadi instruktur kepelatihan Lisensi D Asosiasi PSSI Kota Batu (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah Joko Susilo menjadi instruktur kepelatihan Lisensi D Asosiasi PSSI Kota Batu (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Bola.net - Masih terhentinya kompetisi musim 2020 tak membuat Joko Susilo meninggalkan sepenuhnya aktivitas di lapangan hijau. Direktur Teknik Persik Kediri ini mengisi waktunya dengan menjadi instruktur kursus kepelatihan.

Kali ini, Joko ditunjuk sebagai instruktur kursus kepelatihan lisensi D yang diadakan Asosiasi PSSI Kota Batu. Pelatihan ini dihelat mulai Sabtu (07/11) lalu sampai Jumat (13/11) lusa.

Menurut Joko, kursus kali ini diikuti 28 orang peserta. Pelatih berlisensi AFC Pro ini menyebut bahwa mayoritas peserta merupakan mantan pemain Persikoba Batu.

Joko mengaku senang mendapat kesempatan berbagi ilmu kepelatihan dengan para calon pelatih ini. Menurut pelatih berusia 50 tahun tersebut, materi kepelatihan lisensi D ini sangat penting bagi para peserta pelatihan tersebut untuk menjalani karier mereka sebagai pelatih.

"Materi Lisensi D ini sports for development dan sepak bola dasar. Ini merupakan dasar dari ilmu kepelatihan," ucap Joko, pada Bola.net.

Joko mengaku bahwa ia sudah sering menjadi instruktur dalam kursus kepelatihan. Namun, eks pelatih Arema FC tersebut mengaku ada yang spesial dalam kursus kepelatihan yang diampunya saat ini.

"Rata-rata, peserta kursus kepelatihan ini adalah mantan pemain. Karenanya, lebih mudah bagi saya untuk memberikan materi kepada mereka," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Bagus untuk Sepak Bola Kota Batu

Lebih lanjut, Joko mengaku sangat mengapresiasi inisiatif Askot PSSI Kota Batu yang menyelenggarakan kursus kepelatihan ini. Menurutnya, hal ini sangat bagus bagi perkembangan sepak bola Kota Batu.

"Banyaknya pelatih-pelatih yang lahir dari kursus kepelatihan ini akan sangat bagus bagi perkembangan sepak bola Kota Batu. Apalagi, fokus saat ini kan di level grassroot," papar Joko.

"Talenta pesepak bola usia muda di Kota Batu sangat bagus. Karenanya kita perlu memberi mereka pelatihan yang bagus," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Punya Target Tinggi

Joko pun mengaku memiliki target tinggi terhadap para peserta pelatihan ini. Ia tak mau para pelatih yang saat ini mengikuti kursus kepelatihan tersebut sekadar lulus dari pelatihan lisensi D.

"Saya ingin mereka bisa terus mengembangkan ilmu kepelatihan," harap Joko.

"Saya berharap agar para pelatih ini bisa meneruskan lisensi kepelatihan mereka ke level selanjutnya," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR