BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klasemen Liga 1: Persija Jakarta Juara, PSMS Medan Degradasi

09-12-2018 18:24 | Dimas Ardi Prasetya

Liga 1 Gojek 2018 bersama Bukalapak (c) bola.net Liga 1 Gojek 2018 bersama Bukalapak (c) bola.net

Bola.net - Kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak musim 2018 berakhir dengan kesuksesan Persija Jakarta menjadi juara sementara PSMS Medan terpaksa terdegradasi ke Liga 2.

Pertandingan-pertandingan krusial di pekan 34 Liga 1 digelar serentak pada Minggu sore, 9 Desember 2018. Mulai dari laga Persija Jakarta vs Mitra Kukar di Jakarta dan laga PSM Makassar vs PSMS Medan di Makassar.

Laga ini penting karena menjadi penentu siapa yang menjadi juara antara Persija dan PSM. Namun di sisi lain Mitra Kukar dan PSMS juga berjuang untuk bisa lolos dari jerat degradasi.

Kemudian ada laga Arema FC vs Sriwijaya FC di Malang, kemudian laga Borneo FC vs PS Tira di Samarinda dan Persipura Jayapura vs Perseru Serui di Jayapura. Laga ini penting bagi Sriwijaya, PS Tira dan Perseru karena mereka juga ingin tak ingin bermain di Liga 2 musim depan.

1 dari 4 halaman

Persija dan PSM Menang


Pertandingan antara Persija vs Mitra Kukar berlangsung ketat. Macan Kemayoran harus berusaha keras untuk bisa mengalahkan Naga Mekes meski didukung sekitar 60 ribu lebih pendukungnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Persija bisa unggul melalui penalti striker asingnya, Marko Simic pada babak pertama melalui titik penalti pada menit ke-15. Simic pula yang kemudian sukses menggandakan keunggulan Macan Kemayoran pada menit 59. Mitra Kukar bisa memperkecil keunggulan pada menit 88 melalui Aldino Herdianto.

Persija akhirnya bisa mempertahankan keunggulan dan menang 2-1. Kemenangan ini membuat tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini mengoleksi 62 poin dari 34 pertandingan.

Di sisi lain, PSM berhasil tampil dominan atas PSMS. Mereka pun dengan mudah berpesta gol ke gawang tim Ayam Kinantan.

Tim asuhan Robert Rene Alberts ini berpesta gol melalui Alessandro Ferreira (dua gol), kemudian diikuti oleh Marc Klok (dua gol) serta Rahmat. PSMS sempat membalas satu gol melalui Danie Pratama pada menit 90+8.

PSM pun unggul 5-1. Kemenangan ini membuat mereka total mengoleksi 61 poin dari 34 pertandingan.

Sementara itu Mitra Kukar akhirnya tertahan di posisi 16 dengan raihan 39 poin. Kemudian PSMS terpuruk di posisi 18 dengan raihan 37 poin. Hasil ini membuat keduanya dipastikan terdegradasi.

2 dari 4 halaman

Sriwijaya Tumbang dari Arema


Di Malang, Sriwijaya bertekad mencuri kemenangan. Sebab hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan mereka dari jerat degradasi.

Sriwijaya bisa unggul lebih dahulu melalui Esteban Vizcarra. Akan tetapi Arema kemudian bisa membalas melalui penalti Makan Konate dan Dedik Setiawan. Tuan rumah pun menang 2-1.

Kekalahan ini membuat Sriwijaya tetap mengoleksi 39 poin. Mereka terpatok di posisi 17. Tim asal Palembang ini pun dipastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan, bersama Mitra Kukar dan PSMS Medan.

Sementara itu di Jayapura, Perserui berhasil meraih kemenangan atas Persipura dengan skor 2-0. Gol-gol Perseru dihasilkan Habel Boas Inzaghi Isir dan Silvio Escobar Benitez.

Di Samarinda, PS Tira memetik kemenangan 3-1. Gol-gol mereka dihasilkan oleh Aleksandar Rakic (brace) dan Ahmad Nufiandani, sementara gol semata wayang Borneo dihasilkan oleh Renan Da Silva.

Kemenangan Perseru membuat mereka mengoleksi 42 poin dan naik ke peringkat 14. Sementara itu PS Tira juga mengoleksi jumlah poin yang sana namun menempati posisi 15 karena kalah selisih gol.

3 dari 4 halaman

Berikut klasemen Liga 1 selengkapnya:


Di bawah ini adalah klasemen akhir Liga 1, Minggu, 9 Desember 2018.

4 dari 4 halaman

Berita Video

Suporter Persija Jakarta, Jakmania mulai meramaikan Stadion Utama Gelora Bung Karno jelang laga melawan Mitra Kukar, Minggu (9/12/2018).

KOMENTAR