Ketum The Jakmania: Jakarta International Stadium Seharusnya Diutamakan untuk Persija

Serafin Unus Pasi | 18 Agustus 2021, 18:15
Ketum The Jakmania: Jakarta International Stadium Seharusnya Diutamakan untuk Persija
Persija kalahkan Persib di leg pertama final Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Ketua Umum (Ketum) The Jakmania, Diky Soemarno meminta Jakarta International Stadium (JIS) diutamakan untuk Persija Jakarta. Ia berharap tim Ibu Kota diprioritaskan untuk memakai stadion tersebut.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pengelola JIS bekerja sama dengan PSSI. Kedua belah pihak sepakat mengoptimalkan JIS untuk pengembangan industri olahraga Indonesia.

PSSI memproyeksikan JIS sebagai homebase Timnas Indonesia. Pusat pelatihan dan pertandingan skuad Garuda diharapkan dapat digelar di stadion itu.

"Saya tidak tahu isi perjanjian antara Jakpro dengan PSSI seperti apa. Yang beredar di media hanya pengembangan industri sepak bola segala macam," ujar Diky, saat dihubungi wartawan, Rabu (18/8/2021).

"Jadi saya tidak bisa komentar banyak tentang kerja sama itu karena saya tidak tahu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Janji Pemprov DKI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada masa kampanyenya menjanjikan JIS sebagai kandang Persija. Saat ini, stadion tersebut masih dalam tahap pembangunan dan akan tuntas pada akhir 2021.

"Kalau membahas janji kampanye, sejauh ini stadion masih dalam proses pembangunan dan belum jadi. Tapi kalau memang sudah jadi dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang disampaikan sebelumnya oleh Pak Gubernur, pasti ada rasa yang berbeda," ucap Diky.

"Sebab, stadion ini kan milik masyarakat Jakarta, katakanlah begitu. Jakarta harus punya stadion sendiri karena Persija Jakarta mewakili ibu kota untuk bermain di BRI Liga 1. Jadi, memang sudah seharusnya, Persija menjadi prioritas utama," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Jakpro dengan PSSI

Sementara itu, kerja sama Jakpro dan PSSI meliputi pelaksanaan event dan pertandingan nasional serta internasional, komersialisasi stadion dan kawasan, pengembangan penggunaan lapangan latihan, lapangan utama dan kawasan, dan pengembangan olahraga sepak bola nasional dengan standar internasional.

"Dilakukan penandatanganan optimalisasi JIS dalam rangka memajukan olahraga, khsususnya sepak bola di Indonesia. Lapangan latihan JIS pada 9 September 2021 akan kami buka dan secara resmi bisa dimanfaatkan," tutur Direktur Utama (Dirut) Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto.

"Tujuan optimalisasi ini yang paling utama adalah bagaimana memajukan olahraga, khususnya sepak bola. Pada Desember 2021, kami akan melakukan soft launching untuk lapangan utama," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR