BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Keputusan 'Unik' Wasit Pekan Ini: Penalti untuk RANS, Barito Putera Harusnya Dapat Penalti?

21-10-2021 10:01 | Asad Arifin

Rans Cilegon FC di Liga 2 2021/22 (c) Dok. Liga Indonesia Baru
Rans Cilegon FC di Liga 2 2021/22 (c) Dok. Liga Indonesia Baru

Bola.net - Kinerja wasit yang memimpin pertandingan di BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 kini mendapat sorotan. Setelah kasus wasit Oki Dwi Putra yang dilaporkan oleh Persija Jakarta, pekan ini ada beberapa keputusan unik wasit lainnya.

Seperti diketahui, Persija kecewa berat dengan keputusan wasit Oki Dwi Putra yang memimpin laga pekan ke-7 BRI Liga 1, BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (17/10). Pada laga di Stadion Manahan itu, Macan Kemayoran kalah dengan skor 1-0 dari Arema FC.

Persija, dalam surat protesnya pada PSSI, menyebut ada beberapa keputusan tidak tepat yang diambil wasit Oki. Salah satunya dengan menganulir gol Marco Simic. "Kami mengajukan protes atas kepemimpinan wasit Oki Dwi Putra karena berlaku tidak tegas dan tidak fair play," tulis isi surat Persija.

1 dari 2 halaman

Penalti 'Aneh' untuk RANS Cilegon FC

Dari pentas Liga 2, kontroversi keputusan wasit juga terjadi. Salah satunya pada laga RANS Cilegon FC melawan Badak Lampung yang digelar pada Selasa (19/10/2021) malam WIB. Pada duel ini, RANS menang dengan skor 1-0 lewat gol Tariq El Janaby.

El Janaby mencetak gol pada menit ke-71, dari eksekusi penalti. Nah, penalti inilah yang kemudian memunculkan kontroversi.

Wasit memberikan penalti ketika bola sundulan Ramdani Tawainela dianggap mengenai tangan pemain Badak Lampung atau handball. Namun, dalam tayangan ulang, pemain Badak Lampung jutru menghindari bola dan sama sekali tidak menyentuhnya.

Masih dari laga ini, ada juga momen lain yang mendapat sorotan. Wasit memberikan offside pada aksi Bramdani pada menit ke-50. Namun, belum begitu jelas apakah wasit mengangkat bendera offside untuk Bramdani atau pemain yang menerima bola sebelumnya.

2 dari 2 halaman

Barito Putera Harusnya Dapat Penalti?

Kontroversi lain terjadi pada laga BRI Liga 1 antara PSIS Semarang melawan Barito Putera pada pekan kedelapan yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (20/10/2021) malam. PSIS menang dengan skor 1-0.

Kontroversi terjadi pada menit ke-17. Mulanya, bek kanan Barito Putera Bagas Kaffa melakukan penetrasi dari sisi sayap kanan dan masuk ke kotak penalti. Dia kemudian dijatuhkan bek PSIS Rio Saputro.

Wasit Bachrul Ulum meniup peluit tanda pelanggaran, tapi dia ragu membuat keputusan dan berdiskusi dengan asisten wasit. Sang pengadil kemudian malah memberi hadiah tendangan bebas kepada Barito Putera, alih-alih penalti. Peluang ini tidak menghasilkan gol untuk Barito Putera.

Jika merujuk pada tayangan ulang, maka insiden antara Bagas Kaffa dan Rio Saputro terjadi di dalam kotak penalti. Wasit Bachrul Ulum harusnya memberi penalti untuk Barito Putera. Menariknya, asisten wasit yang lebih dekat dengan kejadian juga luput melihat insiden ini.

KOMENTAR