BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kegagalan Penalti Evan Dimas Bawa Dampak Besar Bagi Timnas Indonesia

12-06-2021 12:23 | Asad Arifin

Aksi Evan Dimas Darmono ketika timnas Indonesia berjumpa Thailand (c) PSSI Aksi Evan Dimas Darmono ketika timnas Indonesia berjumpa Thailand (c) PSSI

Bola.net - Kegagalan Evan Dimas Darmono mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Uni Emirat Arab (UEA) dinilai sebagai penyebab kekalahan Timnas Indonesia. Sebab jika gelandang berusia 26 tahun itu sukses mencetak gol dari titik putih, maka jalannya pertandingan akan berbeda.

Timnas Indonesia mendapat hadiah penalti saat sedang tertinggal 0-2 dari UEA lewat gol Ali Mabkhout (22'), dan Fabio De Lima (28'). Keberhasilan kiper lawan, Ali Khaseif menepis tendangan penalti Evan pada menit ke-38 pun membuat mental para pemain Timnas Indonesia menjadi tak terangkat.

Alhasil, skuad Garuda tidak bisa mengejar ketertinggalan. UEA bahkan mencetak tiga gol lagi ke gawang Timnas Indonesia lewat Ali Mabkhout (49’), Fabio De Lima (55’), serta Sebastian Tagliabue (86’), dan skor akhirnya menjadi 0-5.

“Kami kalah dan tak bisa menguasai pertandingan itu karena saya kira kami tidak bisa mencetak gol dari titik penalti," ujar Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Choi In-cheul, saat sesi jumpa pers usai laga, di Stadion Zabeel, Dubai, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

"Kalau kami sukses, mungkin kami bisa bangkit, dan akan memberikan sedikit suntikan motivasi serta momentum disana apabila penalti itu berbuah gol,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Selamat UEA

Pertandingan melawan UEA merupakan partai pamungkas Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Dengan kekalahan ini, maka skuad Garuda menjadi juru kunci Grup G dengan torehan satu poin.

Sementara bagi UEA, kemenangan atas Timnas Indonesia membuat peluang mereka untuk lolos ke fase selanjutnya semakin terbuka. Saat ini, UEA bertengker di posisi kedua klasemen sementara Grup G dengan mengemas 15 poin.

UEA hanya terpaut dua angka dari Vietnam yang ada di puncak. Kedua negara pun masih menyisakan satu pertandingan lagi pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.

"Kami ucapkan selamat untuk Uni Emirat Arab," imbuh Choi In-cheul.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR