BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kedatangan Budi Sudarsono Bikin Klub Liga 3 Haus Gelar Juara

16-08-2021 18:31 | Serafin Unus Pasi

Belitong FC resmi menggaet Budi Sudarsono sebagai Direktur Teknik (c) Dok. Belitong FC
Belitong FC resmi menggaet Budi Sudarsono sebagai Direktur Teknik (c) Dok. Belitong FC

Bola.net - Belitong FC, klub baru asal Kabupaten Bangka-Belitung, memasang target promosi ke Liga 2 musim depan. Tidak hanya sekadar naik kasta, tetapi juga menjadi juara Liga 3 2021.

Demi menularkan spirit juara, Belitong FC mengontrak salah satu legenda sepak bola Indonesia, Budi Sudarsono. Si Piton adalah julukan sosok asal Kediri itu saat masih aktif di lapangan hijau.

Budi Sudarsono diberi peran sebagai Kepala Akademi Belitong FC. Mengapa bukan pelatih kepala atau Direktur Teknik (Dirtek)? Itu karena Si Piton diharapkan bisa menularkan ilmu, pengalaman, dan semangat kepada para pemain muda.

"Sebagai kepala akademi tugasnya adalah untuk mengembangkan para pemain muda Belitong FC. Kemudian menanamkan filosofi yang melekat di Belitong FC," begitu rilis dari klub tersebut.

Kali terakhir, Budi Sudarsono adalah pelatih kepala Persik. Saat ini, Si Piton telah mengantongi lisensi kepelatihan AFC A. Jadi, ia sudah memenuhi standar untuk menjadi Kepala Akademi Belitong FC.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Profil Tim Pelatih Belitong Fc

Jika Budi Sudarsono didatangkan untuk menjadi kepala akademi, lalu siapa yang pelatih kepalanya? Dan siapa pula yang menjabat sebagai Dirtek?

Belitong FC telah menetapkan Ardiles Rumbiak sebagai kepala pelatih. Juru racik asal Papua iti sudah memenuhi standar sebagai pelatih klub Liga 3.

Ardiles Rumbiak punya lisensi AFC B. Saat bermain, ia lama memperkuat Persipura pada 2005-2010. Pengalaman melatihnya adalah menjadi asisten di Persewar Waropen (2017), asisten pelatih Persemi Mimika (2018), dan naik menjadi pelatih kepala Persemi pada 2019.

Prestasi melatih Ardiles Rumbiak adalah membawa PWI Papua di Porwanas 2016 menempati peringkat ketiga. Kemudian saat menjadi asisten pelatih di Persewar, ia ikut andil membantu tim tersebut jadi juara Liga 3 Zona Papua dan masuk babak 32 besar nasional.

Prestasi di Persewar itu mampu diulangi ketika menangani Persemi pada 2018. Dan ketika naik jadi pelatih kepala, ia mampu membawa Persemi juara Liga 3 Zona Papua - Regional Papua, Papua Barat, sehingga berhak lolos ke 32 besar nasional.

2 dari 2 halaman

Posisi Direktur Teknik

Untuk posisi Dirtek, Belitong FC mempercayakan kepada Ridwan Oesman. Ia merupakan mantan pelatih Akademi Tiga Naga FC, dan pernah juga menjadi asisten pelatih Badak Lampung FC.

Pengalaman melatih lainnya adalah pelatih Trisakti University, Villa 2000 FC U-21, Pra-PON Kepri, STB ACS International School. Ia juga pernah melatih Villa 2000 FC, Football Academy Tiga Naga, Bogor FC, dan Badak Lampung FC.

Dengan demikian, posisi dalam jajaran tim kepelatihan Belitong FC adalah Budi Sudarsono sebagai kepala akademi dan Ardiles Rumbiak pelatih kepala. Kemudian Ridwan Oesman menjadi Dirtek.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR