BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Karir Gemilang Jacksen F. Tiago di Indonesia dalam Angka: Dimulai dari 1994

16-06-2020 14:07 | Asad Arifin

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Bola.net - Nama Jacksen F Tiago tentu sudah tidak asing lagi di pentas sepak bola Indonesia. Pria asal Brasil tercatat sebagai pelatih papan atas Indonesia. Namun, jauh sebelumnya, dia juga menjadi pemain jempolan pada eranya.

Jacksen F. Tiago bisa dikatakan sebagai pemain asing yang melegenda di Indonesia. Sederet prestasi mampu diraihnya bersama klub yang dibela.

Semasa karier, Jacksen adalah penyerang yang tajam dan haus gol. Karakteristik itulah yang berhasil membantu klubnya dalam meraih gelar liga.

Jacksen juga pernah dinobatkan sebagai pemain paling subur dalam semusim. Setelah pensiun, Jacksen melanjutkan karier sebagai pelatih.

Kualitas dalam melatih berhasil dibuktikan Jacksen melalui deretan gelar liga. Wajar bila Jacksen layak menyandang predikat sebagai pelatih asing paling sukses dalam sepak bola modern di Indonesia.

Lantas, seperti apa perjalanan karier Jacksen F. Tiago jika disimpulkan melalui pencapaian angka-angka?

1 dari 5 halaman

1994

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Iwan Setiawan Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Jacksen F. Tiago mengawali kariernya di Indonesia pada 1994 ketika direkrut Petrokomia Putra. Jacksen langsung tampil menggila bersama Petrokimia Putra.

Penampilan apiknya di lini depan berduet bersama Widodo Cahyono Putro berhasil membantu Petrokimia ke final Liga Indonesia 1994-1995. Namun, ketika itu Petrokimia Putra takluk 0-1 dari Persib Bandung yang jadi juara.

2 dari 5 halaman

1997

Jacksen F. Tiago harus menunggu dua tahun untuk bisa mencicipi gelar liga di Indonesia. Pada 1996-1997, Jacksen berhasil membantu Persebaya Surabaya meraih gelar.

Ketika itu, Jacksen tampil gemilang di lini depan Persebaya. Jacksen juga mendapatkan penghargaan top skorer dengan jumlah 26 gol untuk Persebaya.

3 dari 5 halaman

3

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Sepanjang kariernya sebagai pemain di Indonesia, Jacksen F. Tiago tercatat hanya membela tiga klub. Jacksen berseragam Petrokimia Putra (1994-1995, 2001), PSM Makassar (1995-1996), dan Persebaya Surabaya (1996-1998, 1999-2000).

Semua kesuksesan diraih Jacksen bersama Persebaya Surabaya tepatnya pada musim 1996-1997. Jacksen mempersembahkan Persebaya gelar Liga Indonesia dan meraih trofi top skorer.

4 dari 5 halaman

5

Jacksen F Tiago (c) Ist Jacksen F Tiago (c) Ist

Setelah gantung sepatu, Jacksen F. Tiago melanjutkan karier sebagai pelatih. Tak hanya sebagai pemain, karier Jacksen sebagai pelatih juga terbilang cemerlang.

Jacksen berhasil meraih lima gelar liga yaitu satu gelar Liga Indonesia bersama Persebaya, satu gelar Divisi Utama bersama Persebaya, dan tiga gelar Liga Super Indonesia bersama Persipura Jayapura. Berkat pencapaian itu tak berlebihan menyebut Jacksen sebagai pelatih dengan gemilang prestasi di Liga Indonesia.

5 dari 5 halaman

9

Sampai saat ini Jacksen masih aktif sebagai pelatih. Musim ini, Jacksen masih menukangi Persipura Jayapura.

Secara keseluruhan, Jacksen sudah memiliki rekam jejak panjang di dunia kepelatihan. Sebanyak sembilan klub dan Timnas Indonesia pernah merasakan tangan dingin Jacksen.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Wiwig Prayugi, 16/6/2020)

KOMENTAR