BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kalau Menurut Laws of the Game FIFA, Gol Marc Klok ke Gawang Persija itu Sah atau Tidak?

22-11-2021 14:24 | Editor Bolanet

Braif Fatari (kiri) berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Marc Klok saat laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persib vs Persija di Stadion Manahan, Sabtu (20/11/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Braif Fatari (kiri) berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Marc Klok saat laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persib vs Persija di Stadion Manahan, Sabtu (20/11/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Beberapa hal menarik tersaji saat pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung akhir pekan lalu di BRI Liga 1 2021. Salah satunya adalah momen ketika tembakan Marc Klok mengarah ke gawang Persija dan menimbulkan pertanyaan apakah bola sudah masuk gawang atau belum.

Pertandingan baru berjalan 14 detik ketika Geoffrey Castillion dilanggar Yann Motta di sisi kanan lini pertahanan Persija Jakarta. Marc Klok berancang-ancang untuk mengambil tendangan bebas itu. Sepakannya membelah Riko Simanjuntak dan Braif Fatari sebagai palang pintu Persija.

Bola sebenarnya tidak mengalir keras, namun tepat mengarah ke pojok kanan gawang Persija Jakarta. Andritany Ardhiyasa kalang kabut karena Castillion kadung berdiri di sisi kanan gawangnya, ditambah keberadaan Marco Motta yang menjaga striker asal Belanda itu.

Bola sempat memantul ke tanah. Tubuh Andritany terpaksa masuk ke dalam gawang untuk menghalau bola karena tidak mungkin berdiri sejajar atau di depan garis gawang lantaran terganggu posisi Castillion dan Motta.

Kejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (Tangkapan layar Vidio). (c) vidioKejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (Tangkapan layar Vidio). (c) vidio

Ketika bola mampu dibendung Andritany, Marc Klok mengangkat tangannya isyarat ingin merayakan gol. Dia mengira bola telah melewati garis gawang. Namun, wasit Aprisman Aranda bergeming. Dia tidak melihat kejadian itu sebagai gol untuk Persib.

Momentum itu berlalu begitu saja dan tanpa protes berlebihan dari kubu Persib. Sialnya, situasi itu menjadi kesempatan terbesar Marc Klok dkk. untuk memenangkan pertandingan. Apa pasal? Setelah 89 menit berlalu, tim berjuluk Pangeran Biru itu gagal mencetak gol ke gawang Persija.

Sebaliknya, sundulan Marko Simic pada menit ke-45+1 memastikan tiga poin menjadi milik tim ibu kota. Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan berbalut gengsi dan harga diri yang tinggi itu.

1 dari 5 halaman

Versi Persib, Tendangan Bebas Marc Klok Sah Gol

Kejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (Tangkapan layar Vidio). (c) vidioKejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (Tangkapan layar Vidio). (c) vidio

Setelah pertandingan usai, Marc Klok meradang, begitu pula Robert Alberts, pelatih Persib. Versi keduanya, bola tendangan bebas itu seharusnya disahkan sebagai gol.

"Sudah jelas itu gol," tulis Marc Klok di stories Instagramnya, @marcklok. "Kurang beruntung. Menatap selanjutnya. Terima kasih semua atas dukungannya," jelas gelandang yang notabene mantan pemain Persija Jakarta itu.

Senada dengan Marc Klok, Robert juga yakin bahwa bola itu telah sepenuhnya melewati garis gawang Andritany. Arsitek asal Belanda ini mengaku sempat melihat tayangan ulang kejadian tersebut.

"Saya melihat dari video soal gol kami pada menit pertama yang tidak disahkan. Dari tayangan ulang, kelihatannya itu sudah melewati garis," ujar Robert.

"Jadi keputusan itu tidak berpihak pada kami, sebab itu jelas-jelas adalah gol. Maka, karena itu, kondisinya sulit bagi kami," kata pria berusia 67 tahun tersebut.

2 dari 5 halaman

Bagaimana Peraturan Gol Sesuai Laws of the Game 2021/2022?

Ilustrasi gol di Laws of the Game. (Tangkapan layar Laws of the Game). Ilustrasi gol di Laws of the Game. (Tangkapan layar Laws of the Game).

FIFA melalui Laws of the Game 2021/2022 yang dibuat oleh International Football Association Board (IFAB) menjelaskan bagaimana gol dianggap sah oleh wasit.

Dalam Pasal ke-9 tentang Menentukan Hasil Pertandingan, gol tercipta ketika "seluruh bola melewati garis gawang, antara tiang gawang dan di bawah mistar gawang".

Maksudnya, gol akan sah jika 100 persen bagian bola telah melewati garis gawang. Jika masih ada bagian bola yang menyentuh garis gawang, meski itu cuma 1 persen sekali pun, gol dianggap tidak sah.

3 dari 5 halaman

Korelasi dengan Kasus Marc Klok

Kejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (c) vidioKejadian tendangan bebas Marc Klok ke gawang Persija. (c) vidio

Kasus Marc Klok, sepintas dari tayangan ulang, bola masih beririsan dengan garis gawang Persija Jakarta alias belum masuk sepenuhnya.

Posisi Andritany yang berada di dalam gawang memang bikin curiga bola telah melewati garis gawang sepenuhnya, namun gerakan kiper berusia 29 tahun itu menunjukkan bahwa bola masih tipis berada di garis gawang dalam Persija.

Dari tayangan ulang yang dilihat berkali-kali oleh Bola.com di Vidio, bola lebih dulu mengarah ke perut Andritany sebelum membentur tiang gawang dan tangannya reflek menjauhkan bola dari garis gawangnya.

Kejadiannya terjadi begitu cepat ketika Andritany mengamankan bola itu dan area kotak penalti juga dipenuhi oleh para pemain kedua tim sehingga pandangan Aprisman Aranda cukup terganggu.

Momen tendangan bebas Marc Klok itu memicu perdebatan di media sosial. Mayoritas pendukung Persib, Bobotoh menganggap bahwa bola telah melewati garis gawang sepenuhnya alias gol.

4 dari 5 halaman

Teknologi Garis Gawang

Perdebatan terkait gol atau tidaknya tendangan bebas Marc Klok atau kejadian lainnya yang menyangkut bola berada di garis gawang akan selesai jika teknologi garis gawang telah diterapkan di BRI Liga 1.

Tidak ada lagi pihak yang bisa menggugat atau mempertanyakan keputusan wasit jika teknologi garis gawang dipakai di BRI Liga 1.

Kebetulan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk menguji coba video assistant referee (VAR), kemungkinan termasuk dengan teknologi garis gawang di BRI Liga 1 musim ini.

PT LIB juga sedang menggodok konsep untuk mengaplikasikan VAR di BRI Liga 1 musim depan.

5 dari 5 halaman

Tayangan Ulang Tendangan Bebas Marc Klok

View this post on Instagram

A post shared by Indosiar (@indosiar)

Disadur dari: Bola.com (M Adiyaksa/Benediktus GP; 21/11/21)

KOMENTAR