BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kahar Dipastikan Absen Hingga Akhir Musim

08-05-2014 17:23 |

Kahar usai menjalani operasi (c) Apriani Landa Kahar usai menjalani operasi (c) Apriani Landa

Bola.netBola.net - Pasca operasi otot ligamen pada kaki kiri, winger PSM Makassar, Kaharuddin Salam, masih butuh waktu lama untuk pulih seperti sedia kala. Dokter Muhammad Sakti yang mengoperasi Kahar mengatakan, Kahar membutuhkan waktu minimal enam bulan.


Bisa dipastikan, Kahar akan melewatkan kompetisi ISL 2014 ini dengan berkutat pada cederanya. Pasalnya, penyembuhan cedera ligamen membutuhkan proses yang bertahap dan butuh waktu lama. Meski dalam beberapa hari ke depan, Kahar sudah bisa jalan, tapi belum bisa untuk berlari kencang.

"Ada beberapa tahapan yang harus dijalani. Dua minggu ke depan, dia sudah bisa mengayuh sepeda. Kemudian bisa ditingkatkan lagi dengan berlari kecil," kata dr Sakti.

"Ya, total waktu pemulihannya lebih dari enam bulan. Dan Kahar harus menjalani semua itu dengan sabar agar tidak kambuh dan bisa lebih parah lagi," katanya.

Menurut dr Sakti, cedera Kahar tergolong parah. Arterior Cruciate Ligamen (ACL) kakinya putus, ada juga robek pada meniscus-nya. "Karena itulah, saat operasi, kami sangat hati-hati dan butuh waktu cukup lama," ujarnya.

Pemilihan Kahar hampir sama yang dialami striker PSM, M Rahmat, tahun lalu. Rahmat yang juga dioperasi dr Sakti karena cedera meniscus di lutut kirinya, menghabiskan lebih dari enam bulan untuk pemulihan. Belum lagi masa adaptasi dengan lapangan dan atmosfer pertandingan. 

KOMENTAR

Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt