Jumlah Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan Terus Bertambah

Aga Deta | 2 Oktober 2022, 16:05
Keadaan di dalam stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan. (c) AP Photo
Keadaan di dalam stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan. (c) AP Photo

Bola.net - Skala Tragedi Kanjuruhan terus membesar. Korban jiwa dalam insiden yang terjadi pada laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, akhir pekan ini, terus bertambah.

Mulanya, dalam sesi konferensi pers, Minggu (02/10) Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. menyebut bahwa korban jiwa berjumlah 127 orang. Selain 125 suporter Arema, ada dua aparat kepolisian yang menjadi korban jiwa pada laga tersebut.

Namun, dalam data terakhir yang didapat, jumlah korban jiwa mencapai 130 orang. Artinya, ada tambahan tiga korban jiwa lagi.

Jumlah data sendiri masih simpang siur. Ada versi yang menyebut bahwa jumlah korban jiwa mencapai 174 orang.

Sebelumnya, terjadi insiden dalam laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Sabtu (01/10) malam. Lebih dari seratus nyawa suporter melayang akibat terinjak dan sesak napas saat berupaya menghindari tembakan gas air mata yang diarahkan aparat keamanan ke tribune. Dalam insiden tersebut, dua orang aparat keamanan juga menjadi korban jiwa.

Insiden ini bermula dari aksi pitch invasion yang dilakukan sekelompok suporter Arema untuk meluapkan kekesalan mereka usai tim kesayangan mereka kalah dengan skor 2-3 kala menghadapi Persebaya Surabaya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Korban Material

Selain korban jiwa, tragedi ini juga merenggut sejumlah korban material. Sejumlah kendaraan aparat kepolisian tampak menjadi korban dari insiden tersebut.

"Ada 18 kendaraan kepolisian yang menjadi korban pada kejadian ini, termasuk truk pengangkut pasukan, dua mobil unit K-9, dan dua mobil patwal," papar Nico Afinta.

Dalam pantauan Bola.net, dua mobil unit K-9 tampak terbalik di tepi lapangan. Dua mobil tersebut dalam kondisi rusak parah.

Sementara, di gerbang Stadion Kanjuruhan, teronggok truk pengangkut pasukan milik Brimob. Bagian kabin truk tersebut dalam kondisi terbakar. Sementara, tak jauh dari truk tersebut, teronggok dua mobil aparat kepolisian dalam kondisi terbalik dan dalam kondisi bekas terbakar.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR