BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Joko Susilo: Persaingan di Shopee Liga 1 Musim 2019 Bakal Sengit

25-06-2019 17:00 | Serafin Unus Pasi

Trofi Juara Liga Go Jek Liga 1 2018. (c) Liga Indonesia ID Trofi Juara Liga Go Jek Liga 1 2018. (c) Liga Indonesia ID

Bola.net - Joko Susilo membeber analisisnya soal peta persaingan di kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019 ini. Asisten Pelatih Timnas Indonesia tersebut menilai pertarungan memperebutkan gelar juara kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini bakal berlangsung sengit.

"Menurut saya, persaingan musim ini bakal berlangsung ketat," ujar Joko Susilo, pada Bola.net.

"Tim-tim peserta sudah menyiapkan diri dengan sangat bagus. Menurut saya, persiapan mereka bahkan lebih bagus ketimbang musim-musim sebelumnya," sambungnya.

Menurut Joko, bentuk persiapan yang paling mencolok terjadi di aspek komposisi pemain. Alih-alih banyak melakukan perombakan, klub-klub peserta lebih condong untuk melengkapi komposisi pemain mereka dengan amunisi baru.

"Komposisi pemain lama yang sudah bagus ditambah dengan pemain-pemain baru yang sangat berkualitas. Ini terjadi hampir di semua tim," kata Joko.

"Madura United, Persib Bandung, Arema FC, Persib Bandung, dan Bali United, adalah beberapa tim yang menyiapkan diri dengan metode tersebut," sambungnya.

Siapa tim yang akan memiliki peluang besar untuk menjadi kampiun di kompetisi musim ini? Simak di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tunggu Paruh Musim

Ketatnya persaingan antarklub peserta kompetisi membuat Joko enggan terburu memprediksi siapa yang akan menjadi kampiun kompetisi yang disiarkan langsung oleh Indosiar ini. Pelatih berusia 48 tahun tersebut menyebut klub yang akan menjadi juara baru bisa tampak ketika kompetisi sudah setengah jalan.

"Pada pertandingan awal, kita masih belum bisa melihat kekuatan utuh dari tim-tim peserta. Konsistensi tim masih belum bisa dilihat," katanya.

"Nanti, ketika kompetisi sudah masuk paruh musim, sudah bisa terlihat konsistensi tim-tim peserta kompetisi," Joko menambahkan.

2 dari 2 halaman

Perlu Start Apik

Kendati tak bisa menjadi patokan, Joko menyebut, tim-tim peserta kompetisi harus mampu mengawali musim ini dengan apik. Pasalnya, raihan apik ini bakal menjadi modal berharga mereka untuk bisa mengarungi ketatnya kompetisi.

"Kepercayaan diri dari semua komponen tim sangat penting bagi perjalanan mereka ke depannya. Ini bisa diraih dengan hasil positif," kata mantan Pelatih Arema FC tersebut.

"Jadi, pada pertandingan-pertandingan awal, mereka harus bisa tampil bagus dan melanjutkan tren tersebut. Di sinilah konsistensi dibutuhkan," ia menandaskan.

KOMENTAR