Javier Roca Enggan Tanggapi Tudingan Persik Main Kungfu pada Laga Kontra Ronaldinho

Gia Yuda Pradana | 30 Juni 2022, 12:57
Ronaldinho saat beraksi di Trofeo Meet the Star. (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Ronaldinho saat beraksi di Trofeo Meet the Star. (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Javier Roca enggan menanggapi tudingan bahwa timnya bermain 'adu kungfu' pada laga Trofeo Nusantara, yang menghadirkan eks penggawa Barcelona, Ronaldinho, pada akhir pekan lalu. Pelatih Persik Kediri tersebut mengaku tak bisa menanggapi tudingan orang yang belum lama di dunia sepak bola.

"Saya dibesarkan di lingkungan bola sejak kecil dan setiap hari selalu berbicara tentang bola, mulai teknik, taktik, dan fisik," ucap Roca, dalam rilis manajemen Persik Kediri, Kamis (30/06).

"Semua punya hak untuk menilai apa pun, tapi saya tidak bisa menilai pernyataan seseorang yang belum lama di sepak bola," sambungnya.

Sebelumnya, Chairman RANS Nusantara FC, Rudy Salim, menyebut ada kesalahpahaman pada Trofeo Nusantara, yang menghadirkan Ronaldinho. Menurutnya, ada tim yang menganggap laga ini sebagai adu kungfu sehingga main serius bak laga Liga Champions.

Akibat kesalahpahaman ini, Ronaldinho dinilai tak maksimal menunjukkan kepiawaiannya mengolah si kulit bundar. Terlebih lagi, akibat padatnya agenda yang mesti ia hadiri, eks penggawa Barcelona dan AC Milan tersebut hanya bisa bermain dalam satu laga, kontra Persik Kediri.

Persik sendiri tidak terima dengan tudingan sengaja bermain adu kungfu pada laga tersebut. Mereka pun memastikan akan mengembalikan piala turnamen tersebut ke panitia pelaksana.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Akui Ada Briefing

Ronaldinho, Rudy Salim, dan Raffi Ahmad di peluncuran jersey RANS Nusantara FC (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Ronaldinho, Rudy Salim, dan Raffi Ahmad di peluncuran jersey RANS Nusantara FC (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Roca mengaku ada arahan dari panitia pelaksana terkait permainan mereka pada laga tersebut. Menurut pelatih asal Chile tersebut, mereka diminta untuk tak mengganggu pergerakan Ronaldinho, yang didapuk jadi bintang utama gelaran tersebut.

"Yang jelas, kami datang sebagai tim profesional. Namun, memang ada instruksi khusus bahwa setiap pemain jangan sampai mengganggu. Jadi, tidak boleh sama sekali memberikan tekanan kepada permainan Ronaldinho," kata Roca.

"Kami juga senang tidak ada pemain yang mengalami cedera, baik di tim kita sendiri maupun lawan," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Ronaldinho Memaklumi

Javier Roca saat memimpin latihan Persik Kediri (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Javier Roca saat memimpin latihan Persik Kediri (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Roca mengaku sempat bertemu dan berbicara langsung dengan Ronaldinho usai laga. Ia pun meminta maaf jika timnya berbuat kesalahan pada laga tersebut.

"Namun, ia tidak mempermasalahkan. Memang, ia sedikit lelah tapi bukan karena permainan di lapangan. Ia sudah capek duluan," tutur Roca.

"Terpenting, ia mengatakan sangat senang di Indonesia dan semoga bisa kembali bermain di Indonesia," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR