BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jangan Dikurangi, tapi Ditambah, Klub Liga 2 Usulkan 4 Slot Promosi ke Liga 1

03-06-2020 15:01 | Gia Yuda Pradana

Suasana Pembukaan Liga 2 2020 (c) Bola.net/Fitri Apriani Suasana Pembukaan Liga 2 2020 (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Sejumlah skenario disiapkan PSSI bila nantinya kompetisi Liga 2 2020 diputar kembali. Satu di antaranya adalah hanya ada dua tim yang berhak promosi ke Liga 1 musim depan, dari semula tiga slot.

Alasan PSSI membuat skenario tersebut menyusul rancangan melanjutkan kompetisi musim ini tanpa degradasi. Jadi, Liga 1 2021 bakal diikuti oleh 20 klub.

Skenario tersebut ditanggapi salah satu kontestan Liga 2 2020, PSIM Yogyakarta. Lewat CEO-nya, Bambang Susanto, tim berjuluk Laskar Mataram itu meminta kepada PSSI untuk tak mengurangi jatah promosi.

"Harusnya ditambah satu lagi jadi empat slot, karena kalau dua, kemungkinan promosi makin mengecil," ujar Bambang.

"Kalau kecil, klub rugi, dan jadi banyak yang pilih mundur, sehingga kualitas pun menjadi turun. Tapi kalau dibuat empat jatah promosi kemungkinan besar klub menjadi berani spekulasi karena peluangnya besar," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Skenario Lain

Liga 2 (c) Bola.com/Adreanus Titus Liga 2 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Skenario lain yang disiapkan PSSI untuk Liga 2 musim ini ialah melanjutkan kembali mulai Oktober. Nilai subsidi juga naik menjadi Rp 200 juta per bulan, dari sebelumnya Rp 100 juta.

Nantinya, Liga 2 yang sempat berjalan satu pekan bakal dianggap tidak ada. Kompetisi kasta kedua sepak bola di Tanah Air itu akan digulirkan mulai dari awal lagi.

Untuk formatnya adalah, 24 tim dibagi ke dalam empat grup. Nantinya, masing-masing grup akan diisi enam tim dan dimainkan di Pulau Jawa, yang artinya di tempat netral dan tanpa penonton.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR