Jadi Karteker Pelatih, Kuncoro Benahi Penyelesaian Akhir Skuad Arema FC

Gia Yuda Pradana | 7 September 2022, 13:08
Jadi Karteker Pelatih, Kuncoro Benahi Penyelesaian Akhir Skuad Arema FC
Pelatih Arema FC, Kuncoro, mengamati anak asuhnya saat melawan Persikabo 1973 pada laga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Tak perlu waktu lama bagi karteker pelatih Arema FC, Kuncoro, untuk mulai membenahi timnya. Dalam kesempatan pertamanya menangani tim, pelatih berusia 49 tahun ini langsung memoles penyelesaian akhir skuad berlogo singa mengepal tersebut.

Kuncoro mengakui bahwa skuadnya masih kurang dalam menuntaskan peluang yang mereka miliki. Karenanya, ia langsung memberi lebih banyak porsi latihan penyelesaian akhir kepada Evan Dimas dan kawan-kawan.

"Pemain sudah di-drill untuk menembak ke gawang dalam berbagai posisi dan skenario," ucap Kuncoro.

"Selain itu, dalam latihan, kita juga sudah melatih bagaimana melakukan pressing, melakukan build-up, dan menuntaskan peluang yang dimiliki," sambungnya.

Secara statistik, dari delapan laga yang mereka lakoni di BRI Liga 1 2022/2023 ini, Arema FC memang masih lemah dalam menuntaskan peluang. Hal ini berpengaruh besar terhadap posisi klub berlogo singa mengepal tersebut, yang sampai saat ini masih berada di peringkat kedelapan klasemen sementara. dengan raihan sebelas poin.

Untuk urusan akurasi tembakan, para penggawa Arema FC memiliki akurasi sebesar 44,44%. Tingkat akurasi ini berada di peringkat kesepuluh di antara klub-klub peserta Liga 1 2022/2023.

Sementara, untuk efektivitas memanfaatkan peluang menjadi gol, para Abel Camara dan kawan-kawan juga tak terlalu baik. Mereka hanya membukukan angka 11,11%. Dengan nilai ini, Arema FC menempati posisi kesebelas di antara klub-klub peserta Liga 1 2022/2023.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Peluang

Latihan Arema FC di Stadion Demang Lehman jelang laga melawan Barito Putera di pekan 8 BRI Liga 1 2022/2023 (c) Media Officer Arema FC

Latihan Arema FC di Stadion Demang Lehman jelang laga melawan Barito Putera di pekan 8 BRI Liga 1 2022/2023 (c) Media Officer Arema FC

Selain mengasah teknik anak asuhnya dalam menuntaskan peluang yang mereka miliki, ada hal lain yang dilakukan Kuncoro untuk meningkatkan efektivitas penyerangan timnya. Eks penggawa Timnas Indonesia ini mengaku juga mengubah cara bermain anak asuhnya demi meningkatkan kualitas peluang mereka.

"Saat ini, tim-tim rata-rata menerapkan compact defense. Karenanya, kita tidak bisa hanya melebar untuk membuka ruang, yang akhirnya kerap mempersulit dalam melepas tembakan," tutur Kuncoro.

"Saya tekankan agar mereka berani menaruh bola di belakang garis pertahanan lawan. Ini akan memudahkan rekan-rekannya untuk menembak ke gawang karena posisinya lebih menguntungkan. Kita sudah coba dan hasilnya ternyata memang lebih baik," ia menambahkan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR