BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Jacksen Kembali, Ketenangan Pemain Senior Persipura Terusik?
12-07-2019 15:19

Boaz Solossa (c) Bola.com/Nick Hanoatubun Boaz Solossa (c) Bola.com/Nick Hanoatubun

Bola.net - Jacksen F Tiago telah kembali ke Persipura Jayapura. Kembalinya pelatih asal Brasil itu disebut-sebut bakal mengusik ketenangan sejumlah pemain senior Mutiara Hitam.

Pasalnya, Jacksen dikenal sebagai pelatih yang senang memberdayakan pemain-pemain muda.

Jacksen baru saja mundur dari posisi pelatih Barito Putera. Sederet hasil negatif di awal musim Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar membuat Jacksen mengambil keputusan tersebut. Tak lama, Jacksen kembali ke klub yang pernah ditanganinya periode 2008-2014 silam.

Saat menangani Persipura sebelumnya, Jacksen melakukan revolusi skuat dengan meminggirkan pemain-pemain veteran. Eduard Ivakdalam, Jack Komboy, Heru Nerly, Ortizan Solossa, dan Ricardo Salampessy jadi korban.

Pendepakan Eduard pada musim 2010-2011 sempat memicu kontroversi. Sang playmaker dianggap sebagai ikon kebangkitan Persipura di persaingan elite sepak bola nasional. Ia kapten yang posisinya tak pernah tersentuh sejak awal tahun 2000-an.

Namun Jacksen seolah tak peduli dengan reputasi tersebut. Ia mendapuk Boaz Solossa sebagai kapten baru Persipura.

Jacksen sejatinya bukan antipemain senior, karena saat di Tim Mutiara Hitam ia memunculkan pemain-pemain matang pengalaman. Ambil contoh Yustinus Pae, Gerald Pangkali, Ruben Sanadi, yang masuk ke Persipura di usia matang.

Jacksen tipikal pelatih yang tidak suka dengan pemain berego tinggi. Mirip-mirip dengan Sir Alex Ferguson, salah satu pelatih idolanya. Ia berprinsip kendali ruang ganti harus dipegang penuh pelatih, tak boleh ada orang lain yang ikut campur mengatur tim.

Kembalinya Jacksen bisa menjadi alarm tanda bahaya bagi pemain-pemain senior di Persipura. Suka atau tidak, Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Ian Kabes, hingga Yustinus Pae, mereka harus ikut aturan main yang dipatok arsitek kelahiran 28 Mei 1968 itu.

Langkah Jacksen bakal mendapat dukungan manajemen. Mereka mulai gerah dengan performa Persipura di awal Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar ini.

Menyedihkan melihat pencapaian Persipura Jayapura di Liga 1 dua musim terakhir. Tim Mutiara Hitam terseok-seok seperti kehilangan taji sebagai tim elite.

Di pentas Liga 1 2018, Persipura Jayapura jauh dari persaingan juara. Boaz Solossa dkk menutup musim dengan berada di posisi 12 klasemen.

Scroll terus ke bawah.

persipura jayapura jacksen f tiago boaz solossa Benhur Tommy Mano liga 1 bola.com shopee liga 1
Kalau Improvindo Pensiun Jadi Komika
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi

KOMENTAR

Bola Indonesia
Latest Update

BERITA BOLA INDONESIA
INDEX BERITA
BERITA |    JADWAL |    KLASEMEN |    LAINNYA