BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Iwan Bule Bicara tentang Wasit dan VAR Jelang Final Piala Menpora Persija Vs Persib

22-04-2021 14:48 | Gia Yuda Pradana

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.net/Fitri Apriani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Leg pertama final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4), akan dipimpin wasit berlisensi FIFA. Begitu pula dengan pertemuan kedua, di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).

Pengadil lapangan yang berkualitas sedianya dibutuhkan di semua laga, bukan hanya final saja. Sehingga tak ada keputusan kontroversial yang bisa mengganggu jalannya pertandingan.

Oleh sebab itu, wasit berlisensi FIFA tak hanya disiapkan PSSI untuk partai final saja. Pengadil lapangan berkualitas juga akan diturunkan saat perebutan tempat ketiga antara PSM Makassar kontra PSS Sleman, di Stadion Manahan, Sabtu (24/4).

"Iya pasti itu, yang turun di final Piala Menpora nanti pasti wasit yang memiliki lisensi FIFA. Di dua leg final semua pasti wasit lisensi FIFA. Bahkan di tempat ketiga juga kami turunkan wasit yang lisensi FIFA," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule, kepada wartawan.

"Kita baru punya lima wasit berlisensi FIFA. Rencananya kami akan sekolahkan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali nanti akan dukung biar VAR bisa diterapkan di kita. Sekarang kita masih punya lima, kurang tujuh, kan harus 12 wasit minimal yang memiliki lisensi FIFA untuk VAR," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Kinerja Wasit Disorot

Final Piala Menpora 2021 leg 1, Persib Bandung vs Persija Jakarta (c) Bola.com/Adreanus Titus Final Piala Menpora 2021 leg 1, Persib Bandung vs Persija Jakarta (c) Bola.com/Adreanus Titus

Kinerja wasit di Piala Menpora memang menjadi sorotan. Ada beberapa keputusan kontroversial yang diambil.

Namun, hal itu cukup dimaklumi Iwan Bule. Sebab, para wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan.

"Wasit kita semua akomodir karena kan sudah lama nganggur, ada 74 wasit harusnya cukup 25. Tapi kami mainkan semua, satu tahun setengah mereka tidak main, dengan fisik yang kurang dan sekarang pasti ada saja kesalahan," tuturnya.

"Saya lihat kemarin tidak ada unsur kesengajaan. Tapi tetap akan kami dalami, karena tidak enak juga kami melihatnya," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR