BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Inilah Daftar Pelatih di Piala Menpora 2021: Dari Pelatih Lokal Hingga Asing

16-03-2021 12:32 | Aga Deta

Logo Piala Menpora.  (c) (Bola.com/Dody Iryawan) Logo Piala Menpora. (c) (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.net - Piala Menpora 2021 akan digelar pada 21 Maret hingga 25 April 2021. Setidaknya ada sepuluh pelatih lokal yang akan unjuk gigi dalam ajang ini.

Fenomena asisten pelatih yang naik kasta menjadi pelatih kepala juga terjadi menjelang Piala Menpora. Tercatat empat tim yang memercayai asisten pelatih sebagai nakhoda tim.

Pertama adalah Sudirman. Setelah kompetisi musim lalu dihentikan, Persija juga melengserkan pelatih asal Brasil, Sergio Farias. Posisinya diganti oleh pria yang karib dipanggil Jendral itu.

Sudirman merupakan asisten pelatih Farias dan sejumlah pelatih Persija sebelumnya.

Arema FC yang sempat berganti dua arsitek asing pada musim lalu, memilih untuk mempromosikan asisten pelatih Kuncoro sebagai nakhoda di Piala Menpora.

Pada tahun lalu, Arema FC ditangani oleh Mario Gomez, juru taktik asal Argentina, yang lalu hengkang ke Borneo FC Samarinda pada pertengahan musim dan nakhoda berdarah Brasil, Carlos Oliveira.

Carlos Oliveira sempat diproyeksikan untuk memimpin Arema FC ketika Liga 1 musim lalu akan dilanjutkan. Namun, kompetisi tidak bisa bergulir kembali dan kontraknya habis begitu saja.

Didik Ludianto kembali menjadi spesialisasi Persela Lamongan di keadaan terjepit. Sepeninggal Nilmaizar, statusnya naik kasta menjadi head coach tim berjulukan Laskar Joko Tingkir tersebut.

Didik sering ditunjuk sebagai pelatih Persela dalam persiapan menuju kompetisi selagi Laskar Joko Tingkir mencari pelatih permanen.

Asisten pelatih terakhir yang diberikan kesempatan untuk promosi adalah Syamsuddin Batola. Arsitek berusia 53 tahun itu juga naik kasta menjadi pelatih PSM Makassar setelah ditinggalkan oleh Bojan Hodak.

1 dari 3 halaman

Pelatih Lokal Lain

Sejumlah klub masih memercayai pelatih lokalnya pada musim lalu untuk menatap Piala Menpora di tahun ini. Persiraja Banda Aceh dan Madura United, contohnya. Keduanya mempertahankan Hendri Susilo dan Rahmad Darmawan sebagai nakhoda tim.

Persita Tangerang dan Persebaya Surabaya juga belum berubah. Kedua tim sama-sama masih memercayai Widodo C. Putro dan Aji Santoso.

Meski terpuruk pada musim lalu sebelum kompetisi dihentikan, kesetiaan Barito Putera terhadap Djadjang Nurdjaman belum luntur. Mantan pembesut Persib Bandung itu masih diberikan kesemaptan untuk musim ini.

Ada dua klub yang mengganti pelatih lokal ke sesama pelatih lokal. Persik Kediri kembali mengangkat Joko 'Gethuk' Susilo untuk menggantikan Budi Sudarsono.

Pada awal musim lalu, pelatih Persik adalah Gethuk. Namun, ketika kompetisi vakum, tim berjulukan Macan Putih itu menunjuk Budi, sementara Gethuk digeser menjadi direktur teknik.

2 dari 3 halaman

Pelatih Asing Masih Eksis

Di tengah dominasi pelatih lokal, pelatih asing masih eksis. Total ada tujuh pelatih asing yang akan manggung di Piala Menpora.

Masih ada Robert Alberts (Belanda) yang melatih Persib Bandung, Stefano Cugurra Teco (Brasil) menangani Bali United, Mario Gomez (Argentina) membesut Borneo FC Samarinda, Dragan Djukanovic (Serbia) menukangi PSIS Semarang, Igor Kriushenko (Belarusia) memimpin Persikabo 1973, Paul Munster (Irlandia Utara) menakhodai Bhayangkara Solo FC, dan Dejan Antonic (Serbia) mengepalai PSS Sleman.

Ketujuhnya adalah pelatih yang telah berkiprah minimal sejak Liga 1 2020. Artinya, posisinya tetap aman di klub masing-masing.

3 dari 3 halaman

Sebaran Pelatih di Piala Menpora

Persib Bandung: Robert Alberts (Belanda)

Bali United: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Borneo FC Samarinda: Mario Gomez (Argentina)

PSIS Semarang: Dragan Djukanovic (Serbia)

PSM Makassar: Syamsuddin Batola (Indonesia)

Persiraja Banda Aceh: Hendri Susilo (Indonesia)

Madura United: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Persija Jakarta: Sudirman (Indonesia)

Persikabo 1973: Igor Kriushenko (Belarusia)

Bhayangkara Solo FC: Paul Munster (Irlandia Utara)

Arema FC: Kuncoro (Indonesia)

Persik Kediri: Joko Susilo (Indonesia)

Persita Tangerang: Widodo C. Putro (Indonesia)

Persebaya Surabaya: Aji Santoso (Indonesia)

PSS Sleman: Dejan Antonic (Serbia)

Barito Putera: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

Persela Lamongan: Didik Ludianto (Indonesia)

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Wiwig Prayugi
Published: 16 Maret 2021

KOMENTAR