BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Protokol Kesehatan Timnas Indonesia U-16 Kala Melakoni TC

11-07-2020 16:37 | Aga Deta

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti (c) Bola.net/Fitri Apriani Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Bima Sakti angkat bicara soal strategi yang dijalankan Tim Pelatih Timnas U-16 kala menggelar pemusatan latihan (TC) pada masa pandemi. Pelatih Timnas U-16 ini menyebut ada sejumlah hal yang dilakukan untuk meminimalisir timnya terpapar virus Corona.

Menurut Bima, proses TC yang dijalani timnya berlangsung dalam pengawasan ketat tim dokter. Tim dokter memastikan protokol kesehatan, yang sudah disusun, bisa dilaksanakan dengan ketat.

"TC kali ini agak berbeda. Protokol kesehatan harus kita jalankan dengan disiplin," ucap Bima, Sabtu (11/07).

Menurut Bima, protokol kesehatan dimulai dari hotel. Setiap pagi dan sore, kamar yang ditempati para penggawa Timnas U-16 ini disemprot disinfektan. Demikian pula di bus, yang membawa mereka ke tempat latihan.

"Kemudian di ruang ganti stadion, juga ada penyemprotan disinfektan," tuturnya.

Timnas U-16 sendiri saat ini menggelar pemusatan latihan secara new normal. Mereka menjalani TC di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, sejak Senin (06/07). TC ini dijadwalkan bakal berlangsung sampai Rabu (29/07).

TC ini digelar sebagai bentuk persiapan Timnas U-17 menyongsong Piala AFC U-16 2020, yang akan dihelat di Bahrain pada 25 November - 12 Desember mendatang. Pada ajang ini, Indonesia tergabung di grup D, bersama Arab Saudi, China, dan Jepang.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Wajib Gunakan Masker

Selain disinfektan, ada lagi hal yang diandalkan Timnas U-16 untuk meminimalisir risiko persebaran virus Corona. Hal tersebut, menurut Bima, adalah penggunaan masker.

Bima menyebut bahwa anak asuhnya selalu diwajibkan mengenakan masker. Masker hanya dilepas ketika mereka mulai berlatih.

"Sementara, bagi tim pelatih, masker terus dipakai. Masker hanya diturunkan ke dagu ketika mereka memberi instruksi dan berlari," ucap Bima.

Bima mengaku bahwa timnya tak perlu risau soal masker. Pasalnya, dalam sehari, tim medis selalu membagikan masker dalam jumlah yang lebih dari cukup bagi para pemain dan ofisial.

"Jadi mereka bisa berganti-ganti masker. Nggak hanya pakai itu saja," katanya.

2 dari 2 halaman

Jaga dengan Hand Sanitizer

Tak hanya masker, para penggawa Timnas U-16 Indonesia juga menjaga diri dengan penggunaan hand sanitizer. Dalam pergantian sesi latihan, mereka harus membasuh tangan dengan hand sanitizer.

"Selain itu, kita juga sudah sediakan khusus hand sanitizer untuk masing-masing pemain. Semua pemain dan ofisial punya," kata Bima.

"Hand sanitizer ini wajib selalu dibawa di tas. Jika habis, kita tinggal minta ke tim dokter," imbuhnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR