BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Kiat Arema Pulihkan Mental Jelang Menghadapi Persipura Jayapura

03-07-2019 01:44 | Ari Prayoga

Arema FC (c) Bola.com/Iwan Setiawan Arema FC (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Tim pelatih Arema FC memiliki kiat tersendiri memanfaatkan untuk mengembalikan mental para pemain mereka setelah menelan kekalahan dari PS TIRA Persikabo. Mereka sengaja memberi porsi finishing, yang lebih menyenangkan bagi pemain, pada sesi latihan terakhir mereka jelang menjamu Persipura Jayapura.

Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, menyebut bahwa untuk mengembalikan mental pemain, tim pelatih meminta agar mereka melupakan hasil buruk pada laga sebelumnya. Setelahnya, menurut pelatih berusia 45 tahun tersebut, mereka pun meminta Hamka Hamzah dan kawan-kawan untuk tak terlalu tegang menjalani sesi latihan.

"Kami mengajak mereka berlatih sembari bercanda. Dalam waktu-waktu tertentu, kami bisa bercanda. Ada juga waktunya kami harus serius dalam latihan," tutur Kuncoro.

"Ini salah satu cara kami mengembalikan mental mereka. Jadi, mereka tak terlalu tegang menyiapkan diri menghadapi pertandingan melawan Persipura," sambungnya.

Sebelumnya, mental para pemain Arema sendiri sempat drop setelah menelan kekalahan kala menjamu PS TIRA pada laga pekan keenam Shopee Liga 1 musim 2019. Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Gajayana Kota Malang, Sabtu (29/06) ini, mereka kalah dengan skor 1-2.

Arema akan melanjutkan perjalanan mereka dengan menghadapi Persipura Jayapura pada pekan ketujuh Shopee Liga 1 musim 2019. Pertandingan, yang akan disiarkan langsung Indosiar, ini akan dihelat di Stadion Gajayana Kota Malang, Kamis (04/07) lusa.

Saat ini, Arema berada di posisi ke-14 klasemen sementara. Mereka mengoleksi tiga angka hasil sekali meraih kemenangan dan tiga kali kalah. Sementara, Persipura berada di satu strip di bawah Arema. Mereka sama-sama meraih tiga angka, hasil dari tiga kali bermain imbang dan dua kali kalah.

Apa lagi yang dilakukan tim pelatih Arema untuk mengembalikan mental pemain mereka? Simak di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Beri Materi Penyelesaian Akhir

Sekali dayung, dua tiga pula terlampaui. Peribahasa ini tampaknya cocok menggambarkan materi penyelesaian akhir yang diberikan tim pelatih pada para penggawa Arema jelang laga kontra Persipura Jayapura. Selain membenahi kekurangan mereka dalam menuntaskan peluang, materi ini dinilai juga mampu membawa suasana gembira kepada para pemain.

"Para pemain menjalani latihan penyelesaian akhir dengan senang. Tujuan sepak bola kan mencetak gol. Tentu ada motivasi sendiri bagi para pemain untuk mencetak gol," tutur Kuncoro.

"Jadi, selain membenahi penyelesaian dari para pemain, latihan ini juga berguna untuk meningkatkan lagi mental dan rasa percaya diri mereka," ia menandaskan.

KOMENTAR