BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ini Cara Emtek Buat Shopee Liga 1 Tetap Meriah walau Tanpa Penonton

11-09-2020 19:42 | Serafin Unus Pasi

Suasana peluncuran Shopee Liga 1 2020 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Suasana peluncuran Shopee Liga 1 2020 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) selaku official broadcaster free to air (FTA) dan over-the-top (OTT) Shopee Liga 1 2020 punya cara untuk membuat pertandingan tetap meriah walau tanpa penonton di stadion. Yaitu dengan membuat editing saat siaran langsung.

"Pastinya kami sudah menyiapkan nanti akan editing-editing saat live untuk on air-nya sehingga tampak seru dan tetap menarik. Jadi seluruh penonton di rumah bisa menyaksikan pertandingan dengan sangat seru dan menarik," ujar Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad, saat konferensi pers kelanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9).

Menurut Harsiwi, cara ini terinspirasi dari kompetisi sepak bola di luar negeri. Yang tentunya juga berlangsung tanpa penonton di stadion.

"Jujur kami melihat semua pertandingan. Bahkan lihat juga NBA. Bagaimana membuat tayangan itu tetap seperti ada penonton, ramai banget," ucap Harsiwi.

"Nah saat ini yang kita persiapkan adalah masing-masing klub, bagaimana kalau gol-gol cantik, bagaimana kalau suporter membuat yel-yel, bagaimana kalau nyanyi, bagaimana kalau tepuk tangan, dan sebagainya. Itu nanti akan kami rekam semua. Kemudian saat siaran langsung, kami akan masukan suara-suara sehingga akan meriah dan mewakili perasaan penonton yang menyaksikan dari rumah," tambahnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Tengah Dimatangkan

Cara tersebut saat ini tengah dimatangkan Emtek bersama PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Emtek juga akan membuat sejumlah inovasi untuk memanjakan mata penonton.

"Kami sudah diskusi dengan PT GTS bagaimana membuat gambar, meskipun gak ada penonton di lapangan, bagaimana ekspresi pemain yang bermain, kemudian ekspresi pemain cadangan yang ada di bangku cadangan, kemudian ekspresi pelatih. Itu menjadi lebih menarik dan menjadi hidup, dan semuanya itu pasti akan mewakili perasaan penonton," tuturnya.

"Tentunya itu akan menjadi rumit ya buat kami untuk membuat, tapi itu harus kami lalukan karena kalau suasananya sepi itu pasti untuk penonton Indonesia akan berat. Nah makanya itu yang akan kita siasati meskipun pastinya akan sulit dan menjadikan kita harus ada ekstra effort untuk itu, tapi harus kami lakukan," imbuh Harsiwi.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR