Ini Bentuk Tanggung Jawab Bonek Atas Kejadian di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Serafin Unus Pasi | 24 September 2022, 21:07
Perwakilan Bonekmania menyerahkan hasil penggalangan dana untuk perbaikan stadion Gelora Delta Sidoarjo (c) Dok. Green Nord 27
Perwakilan Bonekmania menyerahkan hasil penggalangan dana untuk perbaikan stadion Gelora Delta Sidoarjo (c) Dok. Green Nord 27

Bola.net - Pendukung Persebaya Surabaya, Bonek Mania tidak lepas tangan atas kejadian di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kelompok suporter yang identik dengan warna hijau itu ikut bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Sebagai bentuk tanggung jawab, Bonek melakukan penggalangan dana untuk memperbaiki fasilitas stadion yang dirusak oleh oknum suporter. Itu berdasar kesepakatan Green Nord, Tribun Timur, Tribun Kidul, dan Gate Joner 21.

"Untuk aksi penggalangan dana itu, memang bentuk tanggung jawab dari Bonek untuk perbaikan kerusakan yang ada di Gelora Delta Sidoarjo," kata Koordinator Green Nord, Husein Gazali kepada Bola.net, Sabtu (24/09/2022).

Hasil penggalangan dana tersebut diserahkan kepada manajemen Persebaya yang akan memperbaiki Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Di sisi lain, Pemkab Sidoarjo tidak bisa menerima sumbangan dari pihak ketiga.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Merugikan Semua Pihak

Meski ikut bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pria yang akrab disapa Cak Conk itu berharap kejadian 15 September tidak terjadi lagi. Karena akan merugikan semua pihak.

"Kalau pun ada ketidaksepakatan atau protes ke pihak manajemen Persebaya, lakukan secara elegan. Karena invasi ke lapangan dan merusak akan merugikan semua pihak," tegas Cak Conk.

Ada ancaman sanksi dari Komisi Disiplin yang berpotensi diterima Persebaya atas kericuhan yang terjadi di lapangan. Seperti kemungkinan larangan didampingi penonton hingga terusir dari kandang.

2 dari 2 halaman

Pelecut Bagi Tim Persebaya

Namun, dari kejadian tersebut diharapkan komunikasi antara suporter dan manajemen semakin baik. Bonek juga akan terus berbenah dan mengedukasi anggotanya agar bisa lebih bijak dalam melakukan protes.

Kejadian itu juga diharapkan bisa membangkitkan motivasi para penggawa Persebaya Surabaya. Sehingga pemain tampil lebih ngoyel, ngosek dan bisa mencetak banyak gol di BRI Liga 1 2022/2023.

"Semoga ini sebagai pelecut juga untuk tim Persebaya menghadapi kompetisi selanjutnya," tandas Cak Conk.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR