BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Analisis Jadwal Arema FC pada Lanjutan Shopee Liga 1 Musim 2020

04-09-2020 11:33 | Gia Yuda Pradana

Arema FC di Shopee Liga 1 2020 (c) Bola.com/Iwan Setiawan Arema FC di Shopee Liga 1 2020 (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Arema FC telah menerima jadwal lanjutan Shopee Liga 1 musim 2020. Jadwal ini diterima sebagai lampiran dari surat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) tertanggal 3 September.

Dalam surat bernomor 291/LIB-KOM/IX/2020 ini, PT LIB sebagai operator kompetisi menyampaikan jadwal lanjutan kompetisi yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 tersebut. Rencananya, lanjutan kompetisi akan dihelat pada 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021.

Dari jadwal yang beredar tersebut, Arema FC akan menjalani sisa 31 pertandingan lagi. Sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi, Arema sendiri sudah melakoni tiga pertandingan, dua di antaranya laga tandang. Pada laga pertama, Arema bertandang ke kandang PS TIRA Persikabo. Kemudian, klub berlogo singa mengepal ini menjamu Persib Bandung. Pada pekan ketiga, mereka berjamu ke kandang PSIS Semarang.

Pada lanjutan kompetisi, Arema bakal memulai perjalanan mereka dengan menghadapi Bhayangkara FC. Pertandingan ini dijadwalkan bakal digelar di Stadion PTIK Jakarta, Jumat (2/10/2020),

Arema sendiri bakal melakoni laga pamungkas mereka musim ini dengan menjamu PSM Makassar. Pertandingan ini dijadwalkan digelar di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Minggu (28/2/2021).

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Banyak Bertandang pada Putaran Pertama

Arema Fc (c) Bola.com/Iwan Setiawan Arema Fc (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Dari jadwal lanjutan kompetisi ini, Arema dipastikan bakal lebih banyak melakoni laga tandang pada sisa putaran pertama. Dari 14 laga tersisa, Dendi Santoso dan kawan-kawan harus menjalani delapan laga tandang.

Jika digabung dengan laga yang sudah dijalani, Arema mendapat jatah sepuluh laga tandang pada putaran pertama. Sementara untuk laga kandang, mereka mendapat jatah tujuh pertandingan.

Dari delapan laga tandang tersisa, ada dua kesempatan Arema harus melakoni dua laga tandang secara berturutan. Pertama, mereka harus melakoni dua laga tandang berturut pada pekan ke-4 dan ke-5. Usai bertandang ke kandang Bhayangkara FC, sepekan berselang, Arema harus melanjutkan perjalanan mereka ke kandang Persebaya Surabaya.

Kondisi ini pun terjadi pada pekan ke-16 dan ke-17. Usai bertandang ke kandang Bali United, lima hari berikutnya, mereka harus bertandang ke markas PSM Makassar. Beruntung bagi Arema, kedua tim ini sama-sama bermarkas di Stadion Sultan Agung Bantul.

2 dari 5 halaman

Jadwal Terhitung Padat

Arema FC (c) Bola.com/Iwan Setiawan Arema FC (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Dari jadwal yang sudah beredar ini, Arema mendapat jadwal yang terhitung padat. Rata-rata, jeda antarpertandingan mereka 4,9 sampai 5 hari. Jeda antar pertandingan mereka yang paling singkat adalah 4 hari. Sementara, jeda paling panjang adalah sembilan hari.

Jeda antarpertandingan Arema yang paling banyak adalah empat hari. Ada 12 pertandingan yang memiliki jeda empat hari dari pertandingan sebelumnya.

Bisa jadi, jeda selama empat hari ini cukup. Terutama jika berdasar teori bahwa istirahat minimal antarpertandingan berdurasi tiga hari. Namun, jeda empat hari ini sudah termasuk waktu perjalanan.

3 dari 5 halaman

November yang Sibuk

Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto (c) Bola.com/Iwan Setiawan Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto (c) Bola.com/Iwan Setiawan

November bakal menjadi bulan paling sibuk bagi para penggawa Arema pada lanjutan kompetisi musim ini. Pasalnya mereka akan melakoni tujuh laga pada bulan ini.

Sebetulnya, mereka juga akan menjalani tujuh laga juga pada Januari mendatang. Namun, berdasar jadwal yang ada, jeda antarpertandingan pada November lebih singkat ketimbang pada Januari.

Pada November, jeda rata-rata antarpertandingan adalah empat hari. Ada tiga pertandingan yang memiliki jeda empat hari dengan pertandingan sebelumnya.

Sementara, pada Januari, jeda rata-rata antarpertandingan adalah lima hari. Area tiga pertandingan yang memiliki jeda lima hari pada Januari. Bahkan, ada pertandingan yang memiliki jeda enam hari dari pertandingan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Didominasi Akhir Pekan

Sesi latihan fisik Arema FC di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. (c) Dendy Gandakusumah/Bola.net Sesi latihan fisik Arema FC di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. (c) Dendy Gandakusumah/Bola.net

Arema sendiri dipastikan bakal banyak bermain pada akhir pekan (Jumat, Sabtu, dan Minggu). Dari 31 laga tersisa, 18 di antaranya dihelat pada akhir pekan.

Jumat menjadi hari yang paling sering dijadikan untuk menggelar laga Arema. Ada sembilan laga yang dihelat pada Jumat. Kemudian, ada lima laga dihelat pada Sabtu dan empat laga pada Minggu.

Sementara, pada hari kerja, Selasa menjadi hari yang paling sering dijadikan menggelar laga Arema. Ada enam pertandingan yang dihelat pada hari itu. Kemudian, Senin dan Kamis sama-sama mendapat jatah tiga pertandingan. Sementara, satu sisanya digelar pada Rabu.

5 dari 5 halaman

Banyak Main Petang

Latihan fisik Arema FC di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah Latihan fisik Arema FC di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Dari jadwal yang beredar, Arema dipastikan lebih banyak main petang. Ada 11 laga yang digelar mulai pukul 18.15. Kemudian ada empat laga yang kick-offnya dihelat pada 18.30.

Selain itu, ada satu pertandingan yang dihelat mulai pukul 17.15 dan satu lagi dimulai pada 17.45.

Arema pun dipastikan kerap bermain pada malam hari. Ada delapan laga tim tersebut yang dimulai pada 20.30.

Sementara, untuk sore hari, hanya ada lima pertandingan Arema yang digelar mulai pukul 15.30.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR