Indra Sjafri Pertahankan 'Pepepa' Sebagai Jati Diri Timnas U-19

Bola.net | 13 Mei 2018, 09:14
Indra Sjafri (c) Dani
Indra Sjafri (c) Dani
- Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menegaskan tak akan mengubah gaya bermain anak asuhnya. Indra memastikan masih akan mempertahankan pepepa yang menjadi identitas Skuat Garuda Jaya.


Pepepa merupakan singkatan dari pendek pendek panjang. Ini adalah cara bermain Timnas U-19 yang mengandalkan kombinasi dan bertumpu pada umpan-umpan pendek. Sekilas, permainan ini mengingatkan dengan tiki-taka ala Barcelona.


Pepepa kerap disebut sebagai tiki-taka ala Indonesia. Kendati mengantarkan Indonesia juara Piala AFF U-19 pada 2013 lalu, gaya bermain pepepa ini sempat menghilang, digantikan gaya bermain yang lebih pragmatis.


Hal ini terjadi ala Indra dua kali dilengserkan oleh PSSI. Walhasil, sempat muncul banyak protes pada penampilan Timnas U-19 yang tak lagi bermain dengan jati diri mereka tersebut.


"Untuk permainan, saya akan tetap dengan filosofi bermain pepepa. Filosofi permainan ini menurut saya, sangat cocok bagi kita," ujar Indra Sjafri, pada Bola.net.


Selain itu, Indra mengaku kian yakin mempertahankan filosofi permainan pepepa. Pasalnya, menurut pelatih berusia 55 tahun tersebut, PSSI pun telah memastikan mengadopsi pola permainan Pepepa ini.


"Filosofi inilah yang dikembangkan PSSI melalui Filanesia," sambungnya.




Indra sendiri akhirnya kembali ke tampuk kepelatihan Timnas U-19 beberapa waktu yang lalu. Ia menggantikan Bima Sakti, yang dikembalikan ke tugas utamanya sebagai Asisten Pelatih Timnas U-23.


Kendati memastikan tak akan mengubah permainan mereka, Indra Sjafri menyebut ada sejumlah perubahan yang akan dia lakukan di Timnas U-19. Salah satunya adalah dengan menjajal lagi sejumlah pemain anyar.


"Kami juga lihat perkembangan pemain-pemain yang waktu lalu tak lolos seleksi. Dalam beberapa hari ini akan ada pengumuman tentang siapa saja yang akan kami panggil," ucapnya. [initial] (den/asa)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR