Hasil Rakor Menpora dengan PSSI, PT LIB, dan Kepolisian, Nasib Liga 1 Bisa Diputuskan Besok?

Serafin Unus Pasi | 28 November 2022, 22:24
Hasil Rakor Menpora dengan PSSI, PT LIB, dan Kepolisian, Nasib Liga 1 Bisa Diputuskan Besok?
Suasana rapat koordinasi antara Kemenpora, PSSI, Kepolisian dan Kementrian PUPR untuk membahas kelanjutan Liga 1 2022/23. (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memimpin rapat koordinasi (rakor) untuk membahas kelanjutan Liga 1 2022/2023. Raker berlangsung di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2022).

Rakor tersebut dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, Asisten Kapolri Bidang Operasi (As Ops), Agung Setya Imam Effendi, Kepala Sub. Direktorat Wilayah 1 Direktorat Prasarana Strategis Kementerian PUPR, Feriqo Asya Yogananta, perwakilan klub Liga 1 2022/2023, dan sebagainya.

"Beberapa catatan yang bisa kami simpulkan yang pertama adalah kita punya kebutuhan untuk mempersiapkan tim nasional, baik untuk Piala AFF maupun untuk Piala Dunia U-20 yang dimana kita menjadi tuan rumah, karena mereka semuanya adalah para pemain yang ada di dalam klub masing-masing," ujar Menpora, usai raker.

"Teman-teman dari klub juga bersepakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada terbentuknya tim nasional yang tangguh, baik untuk senior maupun tim nasional kelompok umur. Artinya komitmen dari klub terhadap terbentuknya tim nasional sudah sangat jelas. Tetapi kita tahu persis bahwa kalau hanya dengan latihan saja, baik itu latihan dalam negeri maupun di luar negeri itu tidak cukup. Harus ada atmosfer kompetisi yang bisa mengasah kemampuan tim nasional ini,"

"Nah untuk menuju kompetisi kan kita tahu sekarang ini kompetisi terhenti. Dibutuhkan perbaikan-perbaikan atau transpormasi terhadap pengelolaan kompetisi kita, itulah yang kami dengarkan, kami ingin dengarkan khususnya dari LIB dan PSSI, bagaimana perubahan-perubahan yang dilakukan itu, dan mereka memaparkan itu," tambah menteri asal Gorontalo ini.

1 dari 1 halaman

Belum Ada Putusan

Namun, belum ada putusan mutlak terkait kick-off lanjutan Liga 1 2022/2023 dalam raker ini. Rencananya, Polri akan rapat lagi dengan LIB dan panitia pelaksanaan (panpel) pertandingan pada Selasa (29/11) besok.

"Jadi pihak Polri akan mengundang langsung pengelola kompetisi dan pihak PSSI untuk merumuskan terakhir seperti apa. Dari situ kemudian Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini lanjut atau tidak," tutur Menpora.

"Jadi itu ya, Polri masih butuh waktu satu kali lagi untuk rapat koordinasi khusus untuk pengamanan," imbuh polisi asal Partai Golkar ini.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR