Hasil Piala Presiden 2022: Tumpas PSS, PSIS Semarang Kunci Status Juara Grup A

Serafin Unus Pasi | 24 Juni 2022, 22:42
BRI Liga 1: Pemain PSIS Semarang, Jonathan Cantillana (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain PSIS Semarang, Jonathan Cantillana (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSIS Semarang resmi menahbiskan diri sebagai juara grup A Piala Presiden 2022. Mahesa Jenar berhasil meraih gelar itu usai mengalahkan PSS Sleman dengan skor 5-2 pada hari Jumat (24/6/2022) malam.


Laga dengan tempo tinggi langsung terjadi sejak awal babak pertama. PSS Sleman mendapatkan peluang pertama di menit keempat. Dave Mustaine melepaskan tembakan first time dari luar kotak penalti yang sayangnya masih tipis di sebelah kanan gawang PSIS yang di laga ini dijaga oleh Yofandani Pranata.

Dua menit berselang, PSIS giliran mendapatkan peluang. Wawan Febriyanto melepaskan tembakan keras dari sudut sempit. Jandia Eka masih mampu menepisnya dengan baik.

Memasuki menit ketujuh, PSIS bisa mencetak gol. Menerima umpan dari Wawan Febriyanto di sisi kiri pertahanan PSS, Jonathan Cantillana berhasil mencetak gol melalui tandukan terukur.

Todd Rivaldo Ferre memiliki kesempatan untuk mencetak gol di menit ke-16. Beruntung bagi PSIS, Frendi Saputra melalukan blok krusial untuk menahan tembakan keras dari jarak dekat yang dilepaskan Todd Rivaldo.

PSIS berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-24. Lagi-lagi gol dicetak oleh gelandang andalan Mahesa Jenar, Jonathan Cantillana. Lepas dari jebakan offsiden, Cantillana menaklukkan Jandia Eka Putra dengan sontekan yang cerdik.

PSS Sleman sukses membalas di menit ke-41. Manda Cingi memberikan umpan ke dalam kotak penalti. Di sana ada Riki Dwi Saputro. Eks penyerang PSPS Riau itu mengecoh satu pemain belakang PSIS sebelum menempatkan bola di sisi kiri bawah gawang PSIS.

PSIS Semarang mendapatkan hadiah tendangan penalti pada menit ke-45. Taisei Marukawa dijatuhkan Jandia Eka Putra di area terlarang.

Carlos Fortes maju sebagai eksekutor. Penyerang asal Portugal itu menempatkan bola di sisi kanan gawang PSS Sleman. Jandia sebenarnya sudah bergerak ke arah yang benar, tapi bola gagal ia jangkau. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-1.

Simak Jalannya Pertandingan di Babak Kedua di Bawah Ini

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Seto Nurdiyantoro melalukan dua pergantian pemain langsung di awal babak kedua. Derry Rachman dan Hambali Thalib ditarik keluar. Masuklah Syaiful Ramadhan dan Komarudin.

Carlos Fortes kembali mengancam gawang PSS di menit ke-55. Tembakannya dari sudut sempit hanya melintasi tepi garis gawang PSS.

PSIS Semarang kembali berhasil menambah gol di menit ke-63. Tendangan bebas yang dilepaskan Wawan Febriyanto sempat ditangkap Jandia Eka Putra. Namun, tiba-tiba bola lepas dan langsung saja disambar oleh Carlos Fortes.

PSS Sleman memiliki peluang memperkecil ketertinggalan di menit ke-71. Namun, sepakan Komarudin hanya menerpa tang gawang sebelah kiri gawang PSIS.

Gol kedua PSS Sleman hadir di menit ke-88. Rifqy Suryawan yang baru masuk di pertengahan babak kedua berhasil mencetak gol lewat tandukan. Pemain asing anyar PSS, Ze Valente jadi pemberi assist pada gol ini.

PSIS Semarang menambah satu gol lagi di menit kedua injury time babak kedua. Gol kelima PSIS dicetak melalui tandukan oleh Hari Nur Yulianto

Tak ada gol lagi yang diciptakan kedua tim hingga laga usai. PSIS Semarang memastikan status sebagai juara Grup A dengan 10 poin.

Di sisi lain, PSS Sleman masih ada di posisi kedua dengan empat poin. Peluang mereka untuk lolos masih terbuka. Sebab, Elang Jawa masih menyisakan satu laga melawan Dewa United.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain kedua Tim

PSIS Semarang (4-2-3-1): Yofandani Pranata (Kiper), Fredyan Wahyu, Alie Sesay, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra (Belakang), Guntur Triaji, Delfin Rumbino, Wawan Febriyanto, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa (Tengah), Carlos Fortes (Depan).

Pelatih: Sergio Alexandre.

PSS Sleman (4-2-3-1): Jandia Eka Putra (Kiper), Marckho Sandi, Dedy Gusmawan, Mario Maslac, Derry Rachman (Belakang), Manda Cingi, Dave Mustaine, Todd Rivaldo Ferre, Muhammad Hambali Thalib, Irkham Mila (Tengah), Riki Dwi Saputro (Depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro.

Sumber: Bola.com/Hery Kurniawan, Hendry Wibowo, Diunggah 24 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR