Hasil Piala Presiden 2022: PSIS Semarang Bekuk Persis Solo di Derby Jawa Tengah

Serafin Unus Pasi | 21 Juni 2022, 18:26
Carlos Fortes (tengah) merayakan golnya ke gawang Persita Tangerang di ajang Piala Presiden 2022, Senin (13/6/2022) (c) Bola.net/Arief Bagus
Carlos Fortes (tengah) merayakan golnya ke gawang Persita Tangerang di ajang Piala Presiden 2022, Senin (13/6/2022) (c) Bola.net/Arief Bagus

Bola.net - Persis Solo kembali tumbang di pertandingan ketiga grup A Piala Presiden 2022. Berhadapan dengan rival klasik mereka, PSIS Semarang, Laskar Sambernyawa tumbang dengan skor 2-1.

PSIS Semarang berhasil menang berkat gol Alfeandra Dewangga dan Carlos Fortes, sementara Persis Solo memperkecil ketertinggalan berkat gol Fabiano Beltrame.

Tempo tinggi langsung tersaji sejak babak pertama laga Grup A Piala Presiden 2022 itu dimulai. Persis mendapatkan peluang pertama pada menit ke-10. Hamsa Lestaluhu mengirim umpan ke dalam kotak penalti PSIS Semarang. Namun, tandukan Samsul Arif masih jauh dari sasaran.

PSIS coba meladeni serangan-serangan Persis. Pada menit ke-14, Eka Febri mendapatkan kesempatan menembak dari luar kotak penalti. Tembakan Eka hanya tipis berada di atas mistar gawang Muhammad Riyandi.

Fabiano Beltrame gantian mendapatkan peluang pada menit ke-26. Tembakan Fabian yang memanfaatkan bola muntah masih jauh dari gawang PSIS Semarang.

Pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago melakukan pergantian pemain cepat pada menit ke-30. Hamsa Lestaluhu ditarik keluar dan posisinya digantikan Zanadin Fariz.

PSIS Semarang nyaris mencetak gol pada menit ke-36. Tembakan keras Frendi Saputra membentur Aaron Evans. Bola yang bergerak liar gagal disambar Carlos Fortes.

Memasuki menit ke-37, PSIS Semarang benar-benar bisa unggul. Umpan crossing Fredyan Wahyu dari sisi kiri pertahanan Persis disambut tandukan terukur Alfeandra Dewangga. Muhammad Riyandi tak bisa menjangkau bola yang mengarah ke pojok kiri atas gawangnya.

Persis nyaris membalas pada menit ke-39. Sepakan Zanadin Fariz membentur pemain belakang PSIS dan membuat bola menyamping.

Kejadian menegangkan terjadi pada menit ke-42. Andri Ibo sempat tak sadarkan diri setelah berbenturan dengan Carlos Fortes. Tim medis bergerak bergerak cepat dan Ibo sadar setelah beberapa menit.

Menit ketiga injury time babak pertama, Persis mampu menyamakan kedudukan. Lemparan ke dalam keras Aaron Evans berhasil ditandik Fabiano Beltrame. Ray Redondo tak bisa menahan bola yang mengarah ke pojok gawang. Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Simak Jalannya Pertandingan di Babak Kedua di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Jacksen Tiago melakukan perubahan di awal babak kedua. Alfath Fathier ditarik keluar dan masuklah Irfan Bachdim. Masuknya Bachdim membuat Andri Ibo digeser ke posisi bek kanan.

Hari Nur Yulianto mendapatkan peluang emas pada menit ke-51. Kecerdikan Taisei Marukawa membuat Hari mendapat situasi berhadapan langsung dengan Riyandi. Namun, kapten PSIS Semarang itu gagal menaklukkan Riyandi.

Tak sampai satu menit kemudian, Persis mendapatkan peluang lewat upaya tendangan jarak jauh Chrystna Bhagascara. Tembakan pemain bernomor 16 itu tipis di atas mistar gawang PSIS.

Bek anyar PSIS Semarang, Alie Sesay mendapatkan kesempatan bermain pada menit ke-56. Sesay masuk menggantikan Guntur Triaji.

Taisei Marukawa melewati tiga pemain Persis pada menit ke-63. Pemain asal Jepang itu memberikan umpan manis kepada Oktafianus Fernando yang sayangnya gagal diselesaikan dengan baik.

PSIS Semarang kembali unggul pada menit ke-69. Umpan crossing Fredyan Wahyu menemui kepala Carlos Fortes. Tandukan pertama Fortes bisa ditahan Muhammad Riyandi. Bola muntah kembali disambar penyerang asal Portugal itu.

Pada sisa babak kedua, tensi pertandingan semakin meninggi. Asisten pelatih PSIS Semarang, Achmad Resal mendapatkan kartu kuning di menit ke-86. Tak berselang lama, fisioterapis PSIS, Sigit Pramudya mendapatkan kartu merah.

Sempat ada klaim penalti dari Persis di menit keempat injury time babak kedua. Wasit sempat berdiskusi dengan asisten wasit tambahan, tapi penalti tak diberikan.

Kemenangan 2-1 membuat PSIS memimpin klasemen Grup A dengan tujuh poin. Mahesa Jenar dipastikan melaju ke perempatfinal. Sementara itu Persis yang baru punya satu poin ada di posisi kelima alias juru kunci klasemen sementara Grup A Piala Presiden 2022.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Persis Solo (4-3-3): Muhammad Riyandi (Kiper), Alfath Fathier, Andri Ibo, Fabiano Beltrame, Abduh Lestaluhu (Belakang), Taufiq Febriyanto, Aaron Evans Chrystna Bhagascara, (Tengah), Hamsa Lestaluhu, Samsul Arif, Irfan Jauhari(Depan)

Pelatih: Jackson F. Tiago

PSIS Semarang (4-2-3-1): Ray Redondo (Kiper), Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra (Belakang), Eka Febri, Guntur Triaji, Hari Nur, Oktafianus Fernando, Taisei Marukawa (Tengah), Carlos Fortes (Depan)

Pelatih: Sergio Alexandre

Sumber: Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo, Diunggah 21 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR