Hasil Piala Presiden 2022: Madura United Pastikan Persija Pulang dengan Tangan Hampa

Dimas Ardi Prasetya | 28 Juni 2022, 22:59
Prediksi Piala Presiden 2022, Madura United vs Persija Jakarta (c) Bola
Prediksi Piala Presiden 2022, Madura United vs Persija Jakarta (c) Bola

Bola.net - Madura United berhasil meraih kemenangan saat berjumpa dengan Persija Jakarta di laga penutup Grup B Piala Presiden 2022, Selasa (28/06/2022) malam WIB.

Madura United dan Persija berduel di Stadion Segiri, Samarinda. Pertandingan berlangsung dengan cukup seru.

Madura United unggul lebih dulu lewat Beto Goncalves dan Cleberson. Sementara Persija memperkecil kedudukan lewat pemain muda, Frengky Deaner.

Sebenarnya dua tim ini sudah tak punya peluang lolos ke perempat final. Poin keduanya tak sanggup menyusul dua tim teratas di Grup B. Meski demikian, dua tim menyuguhkan permainan menarik. Jual beli serangan dan adu strategi terjadi.

Madura United menurunkan mayoritas pemain inti. Hugo 'Jaja' Gomes, Beto Goncalves, Cleberson, Zulfiandi dan sederet pemain berpengalaman lainnya turun sejak menit awal.

Sementara Persija membuat kombinasi pemain muda dan senior. Seperti Toni Sucipto, Hansamu Yama, Taufik Hidayat, Hanif Sjahbandi dan lainnya. Yang menarik, Persija turun dengan tiga pemain belakang. Toni bermain layaknya seorang libero.

1 dari 4 halaman

Madura United Unggul Pengalaman

Namun pengalaman skuat Madura United membuat mereka lebih unggul dalam penguasaan bola di awal laga. Memasuki menit 10, Laskar Sape Kerap punya peluang emas. Umpan matang Slamet Nurcahyo membuat Rifaldi Bauwoh berhadapan dengan kiper Persija. Tapi tendangannya masih bisa ditepis.

Setelah itu, permainan mulai berimbang. Barisan pemain muda Persija lebih agresif. Namun serangan mereka masih belum tersusun dengan rapi. Tak ada pemain yang bisa jadi playmaker tim.

Seperti diketahui, di Piala Presiden, Persija tampil tanpa pemain asing. Meski demikian, Persija mulai membuka peluang. Menit 37, tendangan Resky Fandi dari luar kotak penalti masih tipis menyamping dari gawang. Begitu juga dengan tendangan Firza Andika di menit 44.

Tapi di menit 45+3, MU memecahkan kebuntuan. Umpan silang Lulinha berhasil dituntaskan Beto dengan kepalanya untuk menjebol gawang Persija. MU unggul hingga turun minum.

2 dari 4 halaman

Persija Ubah Strategi

Babak kedua, Persija mengubah strategi. Dua pemain dengan naluri menyerang dimasukkan. Ricky Cawor dan Ginanjar Wahyu. Ini jadi sinyal jika mereka ingin meningkatkan daya dobrak di paruh kedua.

Sepuluh menit berselang, pelatih Persija Thomas Doll belum puas dengan daya serangnya. Sehingga dua pemain dengan karakter menyerang kembali diturunkan.

Kali ini, Riko Simanjuntak dan Braif Fatari. Intensitas serangan Persija meningkat dengan perubahan ini. Sementara MU seperti mulai kehabisan tenaga karena belum ada pergantian pemain yang dilakukan.

3 dari 4 halaman

Dua Gol Tercipta

Tapi di menit 62, MU punya peluang emas lewat aksi Slamet Nurcahyo. Setelah melewati tiga pemain belakang Persija, dia punya ruang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun bola tepat di posisi penjaga gawang.

Justru di menit 78, MU berhasil menggandakan kedudukan. Bek jangkung Cleberson berhasil menyambut tendangan sudut Lulinha dengan tendangan keras. Kematangan bermain MU lebih terlihat ketimbang Persija di laga ini.

Persija baru memperkecil kedudukan di menit 88. Aksi Frengky Deaner berhasil melewati tiga pemain MU sebelum mengarahkan bola ke sudut kiri gawang Miswar Saputra. Sayang, Persija tak sanggup menambah gol lagi di sisa waktu.

Madura United berhasil mempertahankan kemenangan 2-1. Kekalahan ini membuat Persija Jakarta asuhan Thomas Doll mengakhiri empat laga Piala Presiden 2022 dengan nol poin alias selalu kalah. Mereka pun angkat kaki dari event ini dengan tangan hampa.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Dodi Alekvan, Cleberson, Kadek Raditya, Novan Sasongko (belakang); Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, Hugo Gomez (tengah): Lulihnha, Beto Goncalves, Rifaldi Bawuoh (depan).

Pelatih: Fabio Lefundes.

Persija Jakarta (3-4-3): Riski Sudirman (kiper); Hansamu Yama, Toni Sucipto, Rezaldi Hehanusa (belakang); Rio Fahmi, Hanif Sjahbandi, Resky Fandi, Firza Andika (tengah); Dony Pamungkas, Taufik Hidayat, Frengky Deaner (depan).

Pelatih: Thomas Doll

Disadur dari: Bola.com/Penulis Iwan Setiawan/Editor Hendry Wibowo
Published: 28/06/202

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR