BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan TIRA Persikabo vs Persebaya Surabaya: 2-2

09-11-2019 17:37 | Serafin Unus Pasi

Tira Persikabo vs Persebaya Surabaya (c) Bola.net Tira Persikabo vs Persebaya Surabaya (c) Bola.net

Bola.net - Debut Aji Santoso sebagai pelatih baru Persebaya Surabaya tidak berjalan dengan mulus. Bertandang ke markas TIRA Persikabo untuk pertandingan pekan ke-27 Shopee Liga 1, Pasukan Green Force hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2.

TIRA Persikabo unggul terlebih dahulu melalui gol Osas Saha lalu tim tamu sempat membalikkan keadaan dengan gol Rendi Saputra dan Aryn Williams sementara Krushed Beknazarov berhasil menyelamatkan The Armies dari kekalahan berkat golnya.

Tira Persikabo langsung menggebrak pertahanan Persebaya Surabaya sejak menit pertama pertandingan. Momentum itu pun berbuah hasil manis dengan gol cepat yang dicetak oleh Osas Saha pada menit pertama.

Berawal dari situasi set-piece, Wawan Febriyanto melepaskan umpan dari tendangan bebas yang cukup jauh dari kotak penalti Persebaya. Osas Saha yang melihat datangnya bola langsung bergerak dan menanduk ke dalam gawang Persebaya yang dikawal oleh Imam Fadillah.

Keunggulan 1-0 yang diraih Tira Persikabo membuat Persebaya makin termotivasi untuk menyamakan kedudukan. Digo Campos dkk. beberapa kali mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan, tapi bola tak kunjung masuk ke dalam gawang Tira Persikabo.

Baru pada menit ke-35 upaya Persebaya berbuah manis. Tim tamu berhasil mengoyak jala gawang Tira Persikabo lewat gol yang dicetak oleh Rendi Irwan.

Berawal dari kemelut di depan gawang setelah Oktafianus Fernando menanduk bola hasil tendangan bebas Ruben Sanadi, bola sempat ditahan oleh dua pemain Tira Persikabo, Zoubairou Garba dan Guntur Triaji.

Namun, bola yang bergerak liar mengarah kepada Rendi yang berada di dekat tiang gawang Tira Persikabo. Dengan cepat Rendi langsung mendorong bola masuk ke dalam gawang Tira Persikabo.

Permainan kedua tim makin makin menarik. Tira Persikabo dan Persebaya Surabaya sama-sama berusaha menciptakan peluang untuk mencetak gol kedua. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor imbang 1-1 tidak berubah.

Baca jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Permainan Persebaya Surabaya menjadi lebih intens di babak kedua. Tekad untuk mengakhiri tren negatif tampak makin meningkat di awal babak kedua.

Hasilnya positif. Hanya butuh lima menit sejak babak kedua dimulai, Persebaya berbalik unggul 2-1 lewat gol yang dicetak Aryn Williams. Gelandang Persebaya itu menanduk bola setelah mendapatkan umpan tendangan bebas yang dilepaskan Diogo Compos.

Namun, Tira Persikabo mampu tetap percaya diri dan menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-67 melalui gol yang dicetak oleh Khurshed Beknazarov. Bek Tira Persikabo itu mencetak gol dengan melakukan diving header menyambut umpan tendangan bebas yang dilepaskan Wawan Febriyanto.

Tira Persikabo mendapatkan peluang emas untuk berbalik unggul setelah Osas Saha dijatuhkan oleh Otavio Dutra pada menit ke-79. Sayangnya, eksekusi yang dilakukan oleh Osas sendiri berhasil dihalau dengan baik oleh kiper Persebaya, Imam Fadillah.

Tak hanya itu saja, Tira Persikabo bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-81 melalui kaki Ciro Alves. Sayang, gol itu dianulir wasit setelah asisten wasit mengangkat bendera dan menilai Ciro Alves sudah lebih dulu berada di posisi offside saat menerima umpan dari Elisa Basna.

Gol Tira Persikabo kembali dianulir pada menit ke-87. Bola tandukan Osas Saha yang memanfaatkan umpan Ciro Alves masuk ke dalam gawang Persebaya. Namun, wasit menganggap Osas Saha sudah lebih dulu melakukan pelanggaran dengan mendorong pemain Persebaya saat hendak melakukan sundulan.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan imbang 2-2 tetap bertahan. Satu poin di Pakansari membuat kedua tim tak beranjak dalam klasemen Liga 1 2019. Tira Persikabo tetap berada di peringkat ketujuh dengan 38 poin dari 27 pertandingan. Sementara Persebaya Surabaya tetap di peringkat ke-11 dengan 32 poin dari 26 laga.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Tira Persikabo (4-3-3): Syahrul Fadil (kiper); Vava Mario Yagalo, Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Manahati Lestaluhu (belakang); Guntur Triaji, Roni Sugeng, Wawan Febriyanto (tengah); Ciro Alves, Osas Saha, Sansan Fauzi (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya Surabaya (4-3-3): Imam Fadillah (kiper), Abu Rizal Maulana, Hansamu Yama Pranata, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); Rendi Irwan, Aryn Williams, Muhammad Hidayat (tengah); Oktafianus Fernando, Elisa Basna, Diogo Campos (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Sumber: Bola.com/Penulis: Benediktus Gerendo Pradigdo, Editor: Aditya Wicaksono, Published: 9 November 2019

7 Pesepakbola Paling Cerdas

KOMENTAR