BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Piala Menpora 2021: PSIS Semarang vs PSM Makassar 0-0 (2-4)

09-04-2021 20:30 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan Alif Rifai (kiri), berebut bola dengan pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (tengah) dan Rasyid Assahid Bakri, dalam laga Perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jumat (9/4/2021). (c) Bola.com/Arief Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan Alif Rifai (kiri), berebut bola dengan pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (tengah) dan Rasyid Assahid Bakri, dalam laga Perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jumat (9/4/2021). (c) Bola.com/Arief

Bola.net - PSM Makassar menaklukkan PSIS Semarang via adu penalti di laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jumat (09/04/2021) malam WIB.

Pertandingan antara kedua tim berlangsung sedikit kurang menggairahkan di babak pertama. Baru di babak kedua laga berlangsung lebih seru.

Namun pertandingan berlangsung dengan alot. Sejumlah peluang sebenarnya tercipta namun gol tak kunjung datang karena eksekusi lini serang kedua kubu kurang maksimal.

Laga akhirnya harus dilanjutkan via adu penalti. Di babak ini, dua pemain PSIS Semarang gagal melakukan tugasnya sementara semua eksekutor PSM Makassar berhasil menjalankan eksekusinya dengan sempurna.

Babak Pertama

PSM dan PSIS membuka laga dengan tempo lambat. Keduanya tak terlalu buru-buru bernafsu menyerang dan bermain dengan lebih sabar. Bola pun lebih banyak bergulir di tengah lapangan.

Pada menit ke-14, akhirnya muncul peluang apik pertama di laga ini. Tendangan bebas PSIS dari Pratama Arhan melesat mendatar ke pojok kiri gawang PSM dan berhasil ditepis kiper. Bola rebound berhasil dikuasai oleh PSIS lagi, Ryan, namun tendangan dari sudut sempat masih bisa diblok barisan pertahanan Juku Eja.

Pada menit ke-19, Hari Nur menyundul bola hasil umpan crossing dari sayap kanan. Sayangnya bola sundulan dari tengah kotak penalti itu masih melambung ke atas mistar gawang PSM.

Setelah itu seiring waktu, mesin PSM mulai memanas. Mereka mulai aktif untuk menyerang pertahanan PSIS.

PSM Makssar berhasil merancang sejumlah serangan, sementara PSIS Semarang juga sesekali berusaha membalas. Namun pada akhirnya sampai laga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, pertandingan menjadi lebih seru. PSM Makassar langsung gas pol untuk tampil menyerang. PSIS Semarang juga tak mau kalah dan terus mencari cara untuk mencetak gol.

Sejumlah serangan tercipta dari kedua kubu. Pada menit ke-59, PSIS mendapat peluang melalui solo run Hari Nur. Sayangnya saat tinggal mengeksekusi, ia malah gagal memanfaatkan peluang yang didapatnya.

PSM kemudian gantian mendapat peluang apik pada menit ke-64, saat sundulan Saldy memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri. Namun bola masih bisa ditepis oleh Jandia.

Pada menit ke-69, PSIS mendapat peluang lagi melalui Hari Nur. Kesalahan pemain PSM di lini tengah membuat Hari Nur akhirnya bisa menembus pertahanan Juku Eja secara bebas. Sayangnya eksekusinya dengan kaki kiri malah melenceng ke samping gawang saja.

Pada menit ke-86 peluang apik tercipta untuk PSM. Bola sepak pojok Rasyid ditanduk oleh pemain Juku Eja dan memantul tanah dan mengarah ke gawang. Namun Jandia masih bisa menepisnya keluar lapangan.

PSIS Semarang dan PSM Makassar akhirnya sama-sama tak mampu mencetak gol sampai laga berakhir. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

2 dari 3 halaman

Babak Penalti

Pratama Arhan jadi eksekutor pertama PSIS Semarang. Sayang bola eksekusinya yang mengarah ke kiri bawah bisa diantisipasi oleh Hirman Syah.

PSM menunjuk Hasyim Kipuw sebagai eksekutor pertama. Ia berhasil melaksanakan eksekusinya dengan sempurna. Bola mengarah ke sisi kanan dan sempat mengenai tiang sebelum masuk gawang. 0-1.

Eksekutor kedua PSIS adalah Hari Nur. Ia mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Namun Hilman Syah kembali bisa mengantisipasinya dan menepis bola.

Eksekutor kedua PSM adalah Rasyid Akbar. Tendangan kerasnya sukses mengecoh dan menjebol gawang Jandia. 0-2.

Penendang ketiga PSIS adalah Alfeandra Dewangga. Kali ini ia melakukan eksekusi dengan apik dan Hilman Syah terkecoh. 1-2.

Penendang ketiga PSM adalah Abdul Rahman. Ia melakukan panenka dan sukses mengecoh Jandia. 1-3.

Eksekutor keempat PSIS adalah Fredyan. Ia sukses mengecoh Hilman Syah. 2-3.

Eksekutor keempat PSM Makassar adalah Sutanto Tan. Ia berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. 2-4. Gol ini membuat PSIS Semarang tereliminasi dari Piala Menpora 2021 sementara Juku Eja jadi tim pertama yang berhasil menapak ke semifinal.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Ryan Ardiansyah, Wahyu Prasetyo; Eka Febri Yogi, Finky Pasamba; Komarudin, Fandi Eko Utomo, Fredyan Wahyu; Hari Nur Yulianto.

Pelatih: Dragan Djukanovic

PSM Makassar: Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rahman; Sutanto, M Arfan, Rasyid Bakri; Yakob Sayuri, Saldi, M Rizky.

Pelatih: Syamsuddin Batola

KOMENTAR