BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Piala Menpora 2021: Persija Jakarta vs PSM Makssar 0-0 (4-3)

18-04-2021 22:51 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Persija Jakarta, Marc Klok (kiri) mengontrol bola dibayangi pemain PSM Makassar Sutanto Tan dalam pertandingan semifinal leg media Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar Pemain Persija Jakarta, Marc Klok (kiri) mengontrol bola dibayangi pemain PSM Makassar Sutanto Tan dalam pertandingan semifinal leg media Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Persija Jakarta menang dengan skor 4-3 via adu penalti lawan PSM Makassar di leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Di pertemuan sebelumnya di leg pertama, tak ada pemenang. PSM Makassar dan Persija Jakarta hanya bermain imbag 0-0.

Kali ini skor sama kembali tersaji pada waktu normal. Laga pun harus langsung dilanjutkan ke babak adu penalti.

Drama terjadi di babak ini. PSM sempat di atas angin namun pada akhirnya takluk dari Persija.

Babak Pertama

Persija Jakarta berusaha menggebrak sejak menit pertama. Seperti biasa mereka menyerang dengan mengandalkan Riko Simanjuntak. Ia juga didampingi oleh Osvaldo Haay.

Persija mendapat free kick pada menit ke-12. Namun bola hasil sepakan Klok masih bisa diantisipasi Hilman Syah.

PSM juga berusaha untuk menekan Persija. Mereka mengandalkan Yakob Sayuri. Ia bekerja sama dengan Patrich Wanggai. Pada menit ke-20, Juku Eja mendapat peluang melalui Wanggai berkat kerja sama Sutanto Tan dan Yakob Sayuri. Namun peluang ini gagal berbuah gol.

Pada menit ke-24, Fathier sempat menendang bola hasil kemelut di kotak penalti PSM. Namun bola masih bisa diamankan Hilman Syah.

Setelah itu tak ada peluang berbahaya yang tercipta. babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

1 dari 3 halaman

Di babak kedua, Persija mencoba menggebrak lagi. Pada menit ke-48, Marc Klok mencoba menjebol gawang PSM dengan tendangan jarak jauhnya. Namun bola tak menemui sasaran.

Pada menit ke-58, Persija mengancam gawang PSM lagi. Kali ini melalui sundulan Osvaldo Haay. Namun bola dengan mudah bisa diamankan Hilman Syah.

Yann Motta kemudian juga mencoba ikut mengancam gawang PSM dengan tendangan kerasnya. Namun lagi-lagi bola masih belum menemui target.

PSM sempat mendapat peluang jelang laga babak kedua berakhir melalui tendangan bebas Yakob Sayuri. Namun ancaman itu bisa dinetralisir oleh Andritanya.

Babak kedua pun berakhir tanpa gol. Persija Jakarta dan PSM Makassar harus melanjutkan laga ke babak adu penalti.

2 dari 3 halaman

Adu Penalti

Marko Simic jadi eksekutor pertama Persija Jakarta. Namun bola tendangannya ke sebelah kanan gawang PSM bisa ditepis oleh Hilman Syah. Hasyim Kipuw jadi eksekutor pertama PSM Makassar. Ia sukses mengecoh Andritany. 0-1.

Rohit Chand jadi penendang kedua Persija. Ia tanpa kesulitan menaklukkan Hilman Syah. 1-1. Rasyid Bakri jadi eksekutor kedua PSM. Ia bisa mengecoh Andritany. 1-2.

Yann Motta jadi eksekutor ketiga Persija. Ia bisa melakukan tugasnya dengan apik. 2-2. Berikutnya, PSM menunjuk Abdulrahman. Tapi eksekusinya bisa dibaca dan dihentikan oleh Andritany. 2-2.

Penendang keempat Persija adalah Novri Setiawan. Namun bola bisa distop oleh Hilman Syah. 2-2. Sutanto Tan jadi penendang keempat PSM. Dengan mudah ia bisa menaklukkan Andritany. 2-3.

Marc Klok jadi penendang kelima Persija. Bola sempat membentur gawang namun bisa masuk. 3-3. Penendang kelima PSM adalah Yakob Sayuri. Tapi tendangannya melambung di atas mistar gawang. 3-3.

Penendang keenam Persija adalah Sandi Sute. Tapi ia gagal mengecoh Hilman Syah dan bola dengan mudah ditangkap sang kiper. 3-3. Eksekutor keenam PSM adalah Zulham Zamrun. Namun bola tendangannya juga melambung ke atas mistar gawang meski Andritanya sudah terkecoh. 3-3.

Riko Simanjuntak jadi eksekutor ketujuh Persija. Namun arah bola sepakannya masih bisa dibaca oleh Hilman Syah. 3-3. Saldi jadi eksekutor ketujuh PSM. Tapi bola sepakannya yang mengarah ke kanan bisa ditepis oleh Andritany. 3-3.

Eksekutor kedelapan Persija adalah Tony Sucipto. Ia dengan mudah mengalahkan Hilman Syah. 4-3.

Eksekutor PSM Makassar berikutnya adalah Zulkifli Syukur. Namun bola yang ditendanganya ke arah kiri bisa ditebak dengan sempurna oleh Andritany. Dengan demikian, Persija Jakarta lolos ke final dengan skor 4-3.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany; Alfath Fathier, Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan; Toni Sucipto, Rohit Chand, Marc Klok; Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

PSM Makassar: Hilman Syah; Zulkifili Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rahman; Rasyid Bakrie, M Arfan, Sutanto, Rizky Eka; Yakob Sayuri, Patrich Wanggai.

Pelatih: Syamsyuddin Batola

KOMENTAR