Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Persita Tangerang 0-3 PSM Makassar

Dimas Ardi Prasetya | 1 November 2021, 20:18
BRI Liga 1 - Persita Tangerang Vs PSM Makassar. (c) Bola/Adreanus Titus
BRI Liga 1 - Persita Tangerang Vs PSM Makassar. (c) Bola/Adreanus Titus

Bola.net - PSM Makassar menang telak atas Persita Tangerang di laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/11/2021) malam.


Kedua tim sama-sama bermain menyerang. Akan tetapi serangan-serangan PSM lebih tajam.

Gol-gol PSM dicetak oleh Muhammad Arfan dan Wiljan Pluim. Arfan mencetak dua gol di laga ini.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Kedua tim mengawali pertandingan dengan sama-sama masih menemukan pola permainan. Persita kemudian membukukan umpan pertamanya lewat gelandang Bae Sin-yeong di menit ke-12. Sepakannya masih melebar dari gawang PSM Makassar.

Semenit kemudian, giliran PSM yang mampu mengancam gawang Persita yang dikawal Dhika Bayangkara. Mulanya Anco Jansen mengirim umpan silang kepada Yakob Sayuri yang sayangnya gagal diterima dengan baik di muka gawang Persita.

Percobaan Juku Eja tidak berhenti di situ karena peluang kembali tercipta di menit ke-16. Gelandang M. Arfan memberikan umpan kepada Ilham Udin Armaiyn yang diselesaikan dengan tembakan, namun masih melambung.

Di menit ke-23, giliran Ilham Udin Armaiyn yang mengirim umpan tarik kepada Sutanto Tan di dalam kotak penalti Persita. Sepakannya mengarah ke gawang, tapi berhasil ditepis oleh Dhika Bayangkara.

PSM seakan terus memberikan serangan bertubi-tubi dengan mampu membongkar pertahanan Pendekar Cisadane. Giliran Yakob yang memberi umpan silang kepada Anco Jansen dari sisi kanan di menit ke-26. Lagi-lagi, bola masih mampu ditepis Dhika.

Gol pertama laga ini akhirnya tercipta di menit ke-28 dan menjadi keunggulan buat PSM. Adalah Arfan yang melepas tembakan keras jarak jauh yang merobek gawang Persita dan gagal dibendung oleh Dhika.

Dalam kondisi tertinggal, Persita mulai tampil lebih agresif, namun tak ada gol balasan yang tercipta. Keunggulan 1-0 PSM Makassar masih bertahan sampai turun minum.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan Persita yang berusaha tampil lebih menyerang masih dengan ambisi mencetak gol balasan. Di menit ke-49, Irsyad Maulana mengirim sepak pojok kepada Bae Sin-yeong. Bola mengarah ke gawang PSM, tapi Hilman Syah sigap menangkapnya.

Gelandang Harrison Cardoso tidak ketinggalan dengan mendapat peluang penting lewat tendangan bebas di menit ke-61. Pemain asal Brasil itu melepas tembakan keras, sayangnya belum menemui sasaran dan tipis saja dari mistar.

Empat menit kemudian, giliran Wiljan Pluim yang hampir menggetarkan jala gawang Persita. Dia mampu menerima umpan dari Yakob dan meneruskannya dengan tendangan langsung. Kali ini, bola bisa dimentahkan oleh Dhika.

Harrison Cardoso kembali menebar ancaman ke gawang PSM lewat tendangan bebas pada menit ke-71. Tembakannya melengkung dan sudah mengarah ke gawang. Lagi-lagi, Hilman bisa membaca dan mudah menghalaunya.

PSM malah berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-75. Arfan kembali menjadi pemain yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia mampu memanfaatkan umpan tarik Azka Fauzi sebelum melepas tembakan yang gagal dibendung oleh Dhika.

Hanya tiga menit berselang, PSM menambah koleksi golnya lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Pluim. Pemain berpaspor Belanda itu melepas tembakan keras yang membuat Dhika lagi-lagi memungut bola dari gawangnya.

Persita semakin kesulitan mengembangkan permainan karena sudah ketinggalan tiga gol. Alhasil, tidak ada gol balasan dari tim arahan Widodo C. Putro itu. PSM pun mengemas tiga poin hasil kemenangan 3-0 ini.

Tambahan tiga poin membuat PSM Makassar naik ke peringkat lima klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22 dengan koleksi 16 angka. Sementara itu Persita Tangerang berada di posisi sembilan klasemen dengan koleksi 13 poin.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persita (4-3-3): Dhika Bayangkara (kiper); Muhammad Toha, Agung Prasetyo, Syaeful Anwar, Edo Febriansyah (belakang); Andre Agustiar, Taufiq Febrianto, Bae Sin-yeong (tengah); Harrison Cardoso, Ahmad Hardianto, Irsyad Maulana (depan)

Pelatih: Widodo C. Putro

PSM (3-1-3-3): Hilman Syah (kiper); Erwin Gutawa, Serif Hasic, Hasyim Kipuw (belakang); Fajar Handika; M. Arfan, Wiljan Pluim, Sutanto Tan (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Disadur dari: BOla.com/Penulis Aditya Wany/Editor Aryo Atmaja
Published: 01/11/2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR