BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Persipura Jayapura 1-3 Persebaya Surabaya

16-10-2021 20:33 | Aga Deta

Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya di pekan ketujuh BRI Liga 1 2021-2022. (c) bola/Adreanus Titus
Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya di pekan ketujuh BRI Liga 1 2021-2022. (c) bola/Adreanus Titus

Bola.net - Persebaya Surabaya berhasil memetik tiga angka di pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Bajul Ijo sukses mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Duel ini dimulai dengan upaya saling menguasai permainan dari kedua kesebelasan. Persipura Jayapura dan Persebaya sama-sama bermain dengan tempo lambat sambil menunggu lawan masing-masing sedang lengah untuk menyerang.

Peluang pertama laga ini tercipta pada menit ketujuh lewat tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh gelandang Henrique Motta. Namun, sepakannya masih melenceng di sisi kiri gawang Persebaya yang dijaga Andhika Ramadhani.

Setelah itu, Persebaya lebih menguasai permainan sambil membangun serangan secara perlahan dari belakang maupun tengah. Tapi, mereka belum mampu menghadirkan ancaman sampai sepuluh menit ke depan.

Tim Bajul Ijo baru membukukan ancaman pertamanya di menit ke-17 lewat striker Jose Wilkson. Dia memanfaatkan umpan lambung yang akurat dengan melakukan sundulan, tapi masih mampu diamankan kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Kedua tim masih berusaha saling mengambil alih permainan dengan tidak terburu-buru. Mereka sama-sama bermain sabar karena rapatnya pertahanan Persipura dan Persebaya dalam situasi sedang bertahan.

Persipura kembali membukukan peluang penting pada menit ke-34 lewat aksi individu yang dilakukan oleh Muhammad Tahir. Dia melewati Alwi sebelum melepas tembakan yang masih melambung di atas mistar.

Jelang bubaran, giliran Persebaya Surabaya yang mendapat peluang emas pada menit ke-45. Ricky Kambuaya menerima umpan terobosan dan mampu melewati bek Persipura sekaligus Fitrul. Dia melepas tendangan yang secara mengejutkan mampu dihalau dengan kaki oleh Fitrul.

Permainan yang cenderung monoton ini tidak menghasilkan gol di babak pertama. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga turun minum.

1 dari 3 halaman

Babak II

Persebaya mengawali babak kedua dengan bermain lebih ofensif dengan umpan-umpan pendek. Tapi, lagi-lagi mereka masih belum mampu membongkar pertahanan Persipura yang menumpuk pemain di belakang.

Tim Mutiara Hitam justru mampu unggul terlebih dahulu di menit ke-53. Itu berkat gelandang Henrique Motta yang melepas tendangan jarak jauh, tapi sempat diamankan oleh kiper Andhika Ramadhani.

Andhika sendiri melakukan penyelamatan yang kurang sempurna. Bola yang ditepisnya lepas dan kemudian disambar oleh Ricky Kayame yang berdiri bebas tanpa kawalan. Skor 1-0 untuk Persipura.

Persebaya mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan pemain Persipura, Fridolin Kristof Yoku. Dia terlibat perebutan bola dengan Ricky Kambuaya yang berujung pada tendangan yang mengarah ke badan Kambuaya pada menit ke-62.

Wasit menunjuk titik putih dan striker Jose Wilkson tampil sebagai eksekutor. Pemain asal Brasil itu sukses menceploskan bola ke sisi kanan atas gawang Persipura lewat tendangan kerasnya yang gagal dibendung Fitrul di menit ke-63.

Persebaya tidak menunggu waktu lama untuk membalikkan kedudukan. Tim asal Kota Pahlawan itu mencetak gol kedua yang lahir dari menit ke-70 berkat winger Taisei Marukawa. Itu berawal dari Ricky Kambuaya yang mengirim umpan lambung ke jantung pertahanan Persipura.

Bola sempat diamankan oleh Fitrul namun kemudian terlepas. Marukawa kemudian mencurinya dan melepas tembakan tanpa hambatan ke arah gawang Mutiara Hitam. Keunggulan kali ini berbalik jadi milik Persebaya dengan skor 2-1.

Persebaya benar-benar meledak karena menambah pundi-pundi golnya meski sudah dalam kondisi unggul. Kali ini giliran winger Bruno Moreira yang membobol gawang Persipura lewat tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-82.

Dalam kondisi tertinggal, Persipura berusaha tampil lebih agresif demi menyamakan kedudukan. Satu di antaranya lewat Yevhen Bokhasvili di menit ke-86 yang masih mampu diamankan oleh Andhika.

Di penghujung laga, Persipura dan Persebaya sama-sama terpaksa bermain dengan 10 pemain saja. Israel Wamiau dan Bruno Moreira menerima kartu merah langsung akibat perseteruan yang melibatkan keduanya.

Tidak ada gol tambahan lagi sampai wasit Heru Cahyono memungkasi pertandingan. Persebaya mampu memetik kemenangan sebagai awal kebangkitan BRI Liga 1 dengan skor 3-1 ini.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persipura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Ricardo Salampessy, Israel Wamiau, Donni Monim, David Rumakiek (belakang); Muhammad Tahir, Henrique Motta, Ian Louis Kabes (tengah); Theo Fillo, Ricky Kayame, Todd Ferre (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama (belakang); Alwi Slamat, Ricky Kambuaya, Hambali Tolib (tengah); Bruno Moreira, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Disadur dari: Bolacom (Aditya Wany/Gregah Nurikhsani) | Dipublikasi: 16 Oktober 2021

3 dari 3 halaman

KOMENTAR