BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Madura United 1-0 PSS Sleman

25-09-2021 17:21 | Asad Arifin

Jaime Xavier memenangkan duel dengan Kim Kurniawan pada laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Sabtu (25/9/2021) petang WIB. (c) Bagaskara Lazuardi
Jaime Xavier memenangkan duel dengan Kim Kurniawan pada laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Sabtu (25/9/2021) petang WIB. (c) Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Hasil pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 antara Madura United vs PSS Sleman pada pekan ke-4, Sabtu (25/9/2021) petang WIB. Pada duel di Stadion Madya itu, Madura United memenangkan laga dengan skor 1-0.

Kedua tim sama-sama menurunkan komposisi pemain terbaik, atau hampir sama pada pekan sebelumnya. Tempo permainan langsung berjalan cepat sejak dibunyikannya peluit sepak mula.

Laga baru berjalan tiga menit, tim Elang Jawa PSS melalui Kim Jefri Kurniawan membuang peluang emas di kotak penalti, ketika mampu menyisir dari sisi kanan. Namun bola lebih dulu diblok oleh bek Madura United dan menyebabkan sepak pojok.

Madura United lebih banyak melakukan serangan balik cepat terutama lewat motor permainan selamat Nurcahyo dalam memberikan umpan terobosan meski sayangnya terlalu cepat bergulir dan dalam tangkapan kiper Ega Rizky.

Madura United melakukan pergantian pemain di saat laga baru berjalan 10 menit. Kevy Syahertian yang cedera ditarik keluar digantikan David Laly. Serangan lebih banyak dilakukan oleh PSS.

Irkham Mila punya peluang pada menit ke-16, ketika memanfaatkan umpan silang Irfan Jaya. Sayangnya tendangan Mila masih dihalau pemain lawan. Meski banyak melakukan serangan, peluang PSS masih bisa diantisipasi barisan pertahanan Madura United.

Pertandingan dalam tempo yang cepat masih belum banyak peluang berarti yang didapatkan kedua tim sampai setengah jam permainan. Wasit memberikan kartu kuning pertama di pertandingan ini untuk Ronaldo Kwateh saat melanggar Syamsul Arifin.

Memasuki menit ke-40, sebuah peluang melalui tendangan bebas didapat Madura United yang diambil Novan Setya. Bola yang dibelokkan dengan kepala oleh Rafael Silva masih tinggi dari mistar gawang PSS.

Giliran pemain PSS Arsyad yusgiantoro diganjar kartu kuning oleh wasit menarik baju David laly dalam adu sprint. Peluang emas diperoleh Madura United pada menit-menit akhir babak pertama.

Tendangan keras kaki kiri David Laly menghantam tiang gawang PSS yang sebelumnya lebih dulu ditepis oleh Ega Rizky. Skor kacamata menutup hasil di babak pertama.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Rafael Silva melindungi bola dari Misbakus Solikin pada laga Madura United vs PSS di pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Sabtu (25/9/2021) petang WIB. (c) Bagaskara Lazuardi
Rafael Silva melindungi bola dari Misbakus Solikin pada laga Madura United vs PSS di pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Sabtu (25/9/2021) petang WIB. (c) Bagaskara Lazuardi

Madura United langsung mengambil inisiatif penyerangan di awal babak kedua. Pergerakan Rafael Silva dan Ronaldo Kwateh membuat lini belakang PSS bekerja keras.

Tensi pertandingan masih berlangsung cukup tinggi, giliran bek sayap Madura United Novan Setya diganjar kartu kuning saat berupaya menghentikan laju Irfan pada menit ke-52.

Madura United justru berhasil memecah kebuntuan dibmenit ke-58. Sebuah spekulasi dilakukan bek Jaime Xavier yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola tendangannya berbelok arah setelah mengenai kaki Syamsul Arifin dan masuk ke gawang PSS.

Pelatih PSS , Dejan Antonic memasukkan dua pemain sekaligus, Eduardo Jose Barbosa atau Juninho dan Hokky Caraka. Peluang langsung didapat Hokky Caraka namun bola sundulannya jauh dari sasaran.

Pergantian pemain kembali dilakukan PSS, Irfan Bachdim masuk menggantikan Irkham Mila saat waktu normal pertandingan kurang dari 20 menit. Madura United juga memasukkan Silvio Escobar untuk menambah daya gedor.

2 dari 3 halaman

Upaya PSS

PSS hampir menyamakan skor ketika bek Mario Maslac mengancam gawang Madura United pada menit ke-76 menyambut umpan jauh. Namun masih digagalkan tiang gawang M. Ridho.

PSS terus berupaya menggempur pertahanan Madura United di sisa waktu pertandingan lewat usaha Irfan Jaya dan Juninho. Namun masih belum berhasil karena rapatnya barisan pertahanan Madura united. Keunggulan 1-0 Madura United bertahan hingga laga berakhir.

Hasil atas PSS merupakan kemenangan pertama yang ditorehkan Madura United dalam empat laga awal BRI Liga 1 dan naik ke posisi 9 dengan lima poin. Menggeser PSS yang turun ke urutan 11 dengan empat angka.

Pekan berikutnya, Madura United akan bertemu PSIS Semarang, Rabu (29/9/2021). Sementara PSS bertemu Persebaya Surabaya di hari yang sama.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): M. Ridho (Kiper); Dodi Alexvan Skin, Fachrudin Aryanto, Jaime Xavier, Novan Setya (Belakang); Kim Jin Sung, Jaja, Slamet Nurcahyo (Tengah); Kevy Syahertian, Rafael Silva, Ronaldo Kwateh (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (Kiper); Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Aaron Evans, Syamsul Arifin (Belakang); Wahyu Sukarta, Kim Jeffrey Kurniawan, Misbakhus Solikin (Tengah); Irfan Jaya, Arsyad Yusgiantoro, Irkham Mila (Depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Disadur dari Bola.com: Wiwig Prayugi, 25 September 2021

KOMENTAR