BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Liga 1: Arema FC Bungkam Persib Bandung, Naik ke Posisi Dua

28-11-2021 23:15 | Ari Prayoga

Dendi Santoso usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Dendi Santoso usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Arema FC Sukses mengalahkan Persib Bandung dengan skor 1-0 dalam partai pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022. Tim besutan Eduardo Almeida ini menang tipis 1-0 dari Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (28/11/2021). Gol tunggal Dendi Santoso di menit 17 tak sanggup dibalas Persib.

Berkat hasil ini, Arema naik ke posisi runner-up klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. Sementara Persib Bandung melorot ke urutan ketiga dengan 28 poin.

1 dari 3 halaman

Babak I

Singo Edan, julukan Arema FC tancap gas di awal pertandingan. Pemain sayap Ridwan Tawainella memberikan tembakan selamat datang ketika laga baru berjalan satu menit. Namun bola masih bisa ditangkap kiper Persib, Teja Paku Alam. Persib baru memiliki peluang lewat tendangan jarak jauh Esteban Vizcarra menit 15. Tapi bola bisa diselamatkan kiper Arema, Adilson Maringa.

Peluang lewat tendangan sudut Persib justru berbuah petaka. Karena serangan balik bisa dilakukan Arema. Maringa berhasil menepis bola corner dan membuahkan serangan cepat. Umpan crossing M. Rafli tak bisa dibuang pemain belakang Persib. Bola jatuh di kaki Dendi Santoso. Tendangan kerasnya berhasil membuat Arema unggul di menit 17.

Arema sepertinya ingin memanfaatkan celah di lini belakang. Lantaran tak ada duet stoper utama, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo yang absen. Serangan cepat jadi andalan Arema untuk merepotkan duet stoper Supardi dan Jufriyanto. Persib juga memberikan perlawanan. Namun serangan mereka seprti kurang rapi ketika gelandang Mohammed Rashid absen lantaran membela Timnas Palestina.

Menit 30, Persib Bandung punya peluang emas. Crossing Marc Klok di sisi kanan bisa ditanduk Wander Luiz. Namun bola yang sudah ke sudut gawang masih bisa ditepis Maringa. Persib lebih dominan di pengujung babak pertama. Febri Hariyadi sempat punya peluang dengan tendangan kerasnya. Tapi Maringa lagi-lagi tampil apik dan bisa menepis bola. Keunggulan 1-0 Arema FC bertahan hingga jeda laga.

2 dari 3 halaman

Babak II

Babak kedua, Persib Bandung memperkuat lini tengah. Castillion yang kurang berperan digantikan Beckham Putra. Perubahan ini membuat Persib mendominasi lini tengah. Mereka sempat mengurung Arema di awal babak kedua. Tapi serangan balik Arema tetap bisa berjalan. Menit 52, umpan jauh Dendi membuat Rafli punya peluang mencetak gol. Dengan sekali kontrol, dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Untung Teja masih bisa menepisnya.

Arema kembali membuat pertahanan Persib kelabakan di menit 63. Umpan heading Dendi membuat Rafli berdiri bebas didepan gawang. Tapi tandukan Rafli justru mengarah ke Teja. Tampak jelas jika pertahanan Persib sering kalah duel dengan pemain depan Singo Edan.

Pertengahan babak kedua, Persib terus mengurung Arema. Namun sejumlah serangan yang dibangun tak ada yang mengarah tajam ke gawang Singo Edan. Wander Luiz yang jadi striker utama seperti matu kutu. Kembali justru Arema yang dapat peluang emas di menit 78. Lagi-lagi Rafli yang dapat peluang. Bermula dari umpan kepala Fortes, Rafli mendapatkan bola didepan gawang Persib. Tapi tendangannya masih membentur mistar.

Persib sempat dapat peluang lewat tendangan keras Klok di menit 86. Tapi bola masih dijinakkan Maringa. Hingga wasit meniup peluit panjang, Persib tak sanggup membalas gol Arema.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); Bayu Fiqri, Supardi Nasir, Ahmad Jufriyanto, Zalnando (belakang); Febri Hariyadi, Dedik Kusnandar, Marc Klok, Esteban Vizcarra (tengah), Wander Luiz, Geoffrey Castillion (depan).
Pelatih: Robert Alberts

Arema FC (4-4-2): Adilson Maringa (kiper); Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, Ridwan Tawainella (tengah); M. Rafli, Carlos Fortes (depan).
Pelatih: Eduardo Almeida

KOMENTAR