BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil BRI Liga 1: Simic Cetak Gol, Persija Bungkam PSM Makassar

07-12-2021 22:55 | Serafin Unus Pasi

Pemain Persija Jakarta, Marko Simic merayakan gol ke gawang Persib Bandung dalam pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic merayakan gol ke gawang Persib Bandung dalam pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persija Jakarta sukses memetik kemenangan di pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/22. Berhadapan dengan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (7/12/2021), Macan Kemayoran sukses menang dengan skor 2-0.

Pertandingan ini cenderung berjalan lambat di menit-menit awal. Kedua tim masih sama-sama meraba dalam melakukan serangan untuk unggul dulu.

Peluang pertama baru datang di menit ke-10 saat winger Persija Riko Simanjuntak melepas umpan silang dari sisi kanan. Bola kemudian disundul oleh Osvaldo Haay, yang sayangnya juga disambut oleh Yann Motta. Alhasil, sundulan Osvaldo tidak terarah ke gawang.

PSM sendiri beberapa kali berusaha melepas tembakan ke gawang Persija. Namun, tak ada yang sampai merepotkan pertahanan Macan Kemayoran. Tembakan mereka kerap mudah diblok oleh bek Persija.

Sebuah peluang emas jadi kesempatan Persija Jakarta unggul di menit ke-24. Kali ini berawal dari umpan silang Osvaldo ke jantung pertahanan PSM. Dwiki Arya menerimanya dengan baik dan melepas tembakan tepat sasaran. Sayang, kiper Hilman Syah masih mampu mengamankannya.

Tim Juku Eja berusaha merespons permainan agresif Persija dengan membangun serangan. Sayangnya, upaya mereka masih mudah dipatahkan lawan. Bek Persija masih sigap menghentikan serangan PSM sebelum melepas tembakan.

Peluang penting PSM kemudian lahir di menit ke-44. Striker PSM Makassar, Anco Jansen mengirim bola kepada Rizky Eka Pratama yang melepas tembakan dari jarak dekat. Namun, sepakannya belum menemui sasaran.

Babak pertama yang minim peluang ini tidak menghasilkan gol. Kedudukan sementara 0-0 menghiasi waktu turun minum.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Persija Jakarta tancap gas demi mencetak gol lebih dulu. Ancaman pertama babak kedua lahir di menit ke-48 setelah Riko Simanjuntak melepas umpan sepak pojok. Marko Simic menyambutnya dengan tendangan salto, namun tidak mengarah ke gawang.

PSM berusaha cepat merespons ancaman itu dengan membangun serangan rapi. Di menit ke-54, mereka membalasnya setelah Rasyid Bakri mengirim umpan kepada Rizky. Sayang, tembakannya masih belum menemui sasaran lagi.

Gol yang ditunggu akhirnya lahir di menit ke-56 dengan keunggulan Persija. Rohit Chand jadi kreatornya dengan mengirim umpan mendatar dari sisi kiri. Dengan satu sentuhan, Marko Simic melepas tembakan kaki kiri yang gagal dibendung Hilman Syah.

Macan Kemayoran kian tampil agresif dalam kondisi unggul. Di menit ke-60, giliran Simic yang memberi umpan kepada Braif Fatari. Sepakan Braif mengarah ke gawang, namun Hilman Syah masih sigap mengamankannya.

Persija kemudian berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-64. Simic mengirim umpan terobosan kepada Osvaldo Haay yang bergerak di kotak penalti. Dengan kaki kirinya, Osvaldo mampu memperdaya Hilman Syah.

Meski sudah unggul dua gol, Persija masih belum mengendurkan serangan. Peluang emas tercipta pada menit ke-74 saat Riko mencuri bola dari pemain PSM. Lewat aksi individunya, Riko melepas tembakan keras mendatar, sayang melenceng ke sisi kanan gawang lawan.

Braif Fatari menambah derita PSM. Menit 90'+2, pemain muda itu menyudahi perlawanan Ayam Jantan dari Timur berkat golnya. Persija menang 3-0 tatkala wasit Syaiful Arif meniup peluit panjang.

Kemenangan ini membuat Persija naik peringkat menghuni posisi kesembilan klasemen sementara dengan 24 poin. Sedangkan PSM harus puas berada di peringkat ke-11 mengoleksi 19 angka.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Bektur Talgat Uulu, Hasim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, Rasyid Bakri, M. Arfan (tengah); Rizky Eka Pratama, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih Interim: Syamsuddin Batolla

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Maman Abdurrahman, Yann Motta, Novri Setiawan (belakang); Tony Sucipto, Rohit Chand, Dwiki Arya (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Angelo Alessio

3 dari 3 halaman

Klasemen BRI Liga 1 2021/22

Sumber: Bola.com/Aditya Wany, Editor: Gregah Nurikhsani, Diunggah 7 Desember 2021

KOMENTAR