BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil BRI Liga 1: Madura United Ditahan Persipura, Persik Imbang Tanpa Gol Kontra PSS

03-10-2021 17:32 | Aga Deta

Pemain Madura United, Rafael Feital Da Silva dan pemain Persipura Jayapura, Donni Harold Monim saat laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 antara Madura United melawan Persipura Jayapura di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021) WIB. (c) Bola
Pemain Madura United, Rafael Feital Da Silva dan pemain Persipura Jayapura, Donni Harold Monim saat laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 antara Madura United melawan Persipura Jayapura di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021) WIB. (c) Bola

Bola.net - Madura United harus puas berbagi angka saat melawan Persipura Jayapura dalam lanjutan laga keenam BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (3/10/2021). Kedua tim saling berbalas gol dan duel berakhir sama kuat 2-2.

Sementara di pertandingan lain, Persik Kediri juga meraih satu poin. Mereka bermain imbang tanpa gol dengan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Madura United menurunkan formasi cukup mengejutkan karena tidak ada duet bek Fachrudin Aryanto dan Jaime Xavier. Sedangkan tim Mutiara Hitam Persipura menurunkan komposisi terbaiknya, dimotori gelandang Henrique Motta. Kedua tim langsung bermain terbuka sejak kick-off.

Madura United unggul cepat saat laga baru berjalan sepuluh menit. Rafael Silva menjebol gawang Persipura melalui tandukan memanfaatkan tendangan bebas Jaja. Bola lengkung Jaja diteruskan oleh Rafael Silva dengan menyundul sambil menjatuhkan diri.

Persipura mencoba merespons setelah kemasukan, meski usaha Yohanes Pahabol dari sisi kiri lebih dulu terperangkap offside. Pahabol kembali menebar ancaman di menit ke-22, namun kali ini tendangannya masih kurang akurat ke arah gawang Madura United.

Gantian Madura United punya peluang lewat Bayu Gatra menyabut umpan silang. Tetapi bola terbang terlalu tinggi dari gawang Fitrul Rustapa. Persipura meningkatkan intensitas penyerangan di lima menit menjelang waktu jeda berakhir.

Sayangnya usaha trio Riky Kayame, Todd Rivaldo Ferre, dan Yohanes Pahabol selalu dimentahkan para pemain belakang Madura United. Rafael Silva sempat mencetak gol keduanya bagi Madura United menjelang babak pertama selesai, namun tidak disahkan wasit karena ia lebih dulu ketahuan handsball.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Madura United dan Persipura memulai babak kedua dengan tempo yang sama seperti di paruh pertama. Permainan disiplin dan hati-hati diperagakan. Gelandang Persipura, Ian Kabes bahkan terkena kartu kuning saat mencoba menghentikan laju Rafael Silva.

Persipura berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-53 melalui Riky Kayame. Diawali dari pergerakan Yohanes Pahabol di sisi kiri melepaskan umpan diagonal lambung ke kotak penalti. Riky Kayame mendapat bola berdiri bebas, menyelesaikannya dengan tendangan keras kaki kiri.

Kiper Madura United, Muhammad Ridho, hanya bisa terperangah melihat gawangnya jebol. Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, merayakan gol Kayame dengan melakukan push-up.

Madura United kembali unggul menjadi 2-1 hanya berselang empat menit setelah Persipura menyamakan skor. David Laly tak menyia-nyiakan peluang satu lawan satu dengan kiper Fitrul Rustapa, setelah mendapat umpan terobosan Jaja. Lolos dari jebakan offside, Laly dengan tenang menaklukkan gawang Persipura.

Pemain Madura United yang baru masuk di babak kedua, Silvio Escobar nyaris membawa timnya unggul lagi di menit ke-65. Namun bola tandukannya masih bisa ditepis Fitrul Rustapa dan mengakibatkan sepak pojok.

Kesabaran Persipura kembali berbuah manis di menit ke-66. Kali ini gantian Yohanes Pahabol yang mencetak gol menyambut umpan terobosan Riky Kayame. Pahabol berlari lebih cepat untuk menyelesaikan peluang dan membobol gawang Persipura. Skor imbang 2-2 menutup pertandingan ini.

Tambahan satu poin bagi kedua tim belum banyak membantu perubahan di posisi klasemen. Laskar Sappe Kerrab Madura United masih berada di papan tengah dengan tujuh poin. Sedangkan Persipura belum beranjak dari zona degradasi dengan nilai lima.

2 dari 3 halaman

PSS Vs Persik Juga Berakhir Imbang

BRI Liga 1: Persik Kediri vs PSS Sleman. (c) Bolacom/Adreanus Titus
BRI Liga 1: Persik Kediri vs PSS Sleman. (c) Bolacom/Adreanus Titus

Sementara di pertandingan lain, Persik Kediri juga harus puas bermain imbang tanpa gol dengan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Duel kedua tim yang sama-sama sedang terluka itu berjalan dengan ketat namun cenderung monoton. Baik Persik dan PSS bermain terlalu hati-hati, sehingga jarang mendapat peluang berbahaya atau ke arah gawang.

PSS tanpa diperkuat Irkham Mila dan Irfan Jaya membuat sedikit kesulitan dalam bermain ofensif seperti laga sebelumnya. Tim berjulukan Elang Jawa lebih banyak mengandalkan Kim Jeffrey Kurniawan, Eduardo Jose Barbosa, dan Nemanja Kojic.

Baru di babak kedua intensitas serangan meningkat, terutama PSS yang sedikit lebih gencar memberi tekanan. Seperti peluang Arsyad Yusgiantoro masih diamankan kiper Persik, Dikri Yusron.

Persik Kediri berupaya mencari peluang dari Youssef Ezzejjari dan Antoni Putro Nugroho pada babak kedua. Namun kerja sama keduanya masih bisa diantisipasi kiper Ega Rizky di menit ke-75.

Skor tanpa gol 0-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Dengan hasil ini juga tak membawa perubahan berarti pada papan klasemen kedua tim. Persik dan PSS tetap berada di zona rawan dengan koleksi lima angka.

3 dari 3 halaman

Daftar Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (Kiper); Alexvan Djin, Asep Berlian, Andik Rendika Rama, Kadek Raditya (Belakang); Slamet Nurcahyo, Kim Jin-sung, Bayu Gatra (Tengah); David Laly, Rafael Silva, Jaja (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Rustapa (Kiper); Muhammad Tahir, Donny Monim, Israel Wamiau, Irsan Lestaluhu (Belakang); Ian Kabes, Henrique Motta, Theo Numberi (Tengah); Riky Kayame, Todd Rivaldo Ferre, Yohanes Pahabol (Depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Disadur dari: Bola.com - Vincentius Atmaja/Yus Mei Sawitri
Published: 3 Oktober 2021

KOMENTAR